Monday , October 14 2019
Home / Berita / Microsoft: Ada Hacker Targetkan & Serang Pemilu Amerika

Microsoft: Ada Hacker Targetkan & Serang Pemilu Amerika

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Perusahaan teknologi komputer terkemuka, Microsoft Corp pada Jumat (4/10/2019) mengatakan bahwa sebuah kelompok hacker yang terkait dengan pemerintah Syiah Iran menargetkan kampanye Pemilu dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat tahun 2020.

Seperti dikutip Al Jazeera, Microsoft menyebut kelompok hacker bernama Fostor telah melakkukan lebih dari 2.700 upaya mengidentifikasi akun email konsumen milik pelanggan tertentu dan menyerang 241 akun diantaranya.

Aksi tersebut dimulai antara bulan Agustus hinggga September 2019 selama 30 hari, dengan target meliputi akun pejabat pemerintah AS, media dan wartawan yang meliput politik global, serta warga Iran yang berdiaspora.

Microsoft mengungkapkan, informasi yang digunakan Fosfor dikumpulkan dari fitur pemulihan akun dan berusaha mengambil alih beberapa akun yang ditargetkan.

Meski demikian menurut Microsoft, secara teknis serangan yang dilakukan tidak canggih.

Microsoft mengaku telah melacak Fosfor yang juga dikenal sebagai APT 35, Charming Kitten dan SecurityTeam Ajax sejak tahun 2013. Hingga kini, pemerintah Iran belum berkomentar apapun.

Serangan terhadap kampanye Amerika bukan hanya sekali ini terjadi. Sebelumnya, badan intelijen AS juga pernah menyimpulkan bahwa pemerintah Rusia menjalankan operasi peretasan dan propaganda untuk menganggu Pemilu AS pada tahun 2016 silam. Tujuannya, membantu kandidat Republikan, Donald Trump menang meski pada akhirnya dibantah Rusia. [AR/dbs]

Check Also

12 Masjid di Jerman Terima Ancaman Bom & Pesan Islamophobia

BERLIN (Mata-Media.Net) – Islamophobia masih juga belum hilang dari Eropa. Sejumlah masjid dan politisi di Jerman ...