Monday , October 14 2019
Home / Berita / Turis Asing Tak Perlu Tunjukkan Surat Nikah Untuk Check In Hotel di Saudi

Turis Asing Tak Perlu Tunjukkan Surat Nikah Untuk Check In Hotel di Saudi

RIYADH (Mata-Media.Net) – Rezim Arab Saudi dibawah kendali Putra Mahkota Pangeran Mohamed bin Salman kembali membuat kebijakan liberal dan memperlonggar aturan bagi wisatawan atau turis asing, seiring dikeluarkannya visa turis sejak 28 September 2019 lalu.

Jika sebelumnya Saudi memperlonggar aturan berpakaian bagi wanita asing dengan tidak perlu berjilbab dan memakai abaya, kini para pelancong laki-laki dan perempuan diperbolehkan menginap di kamar hotel yang sama dan kamar yang sama tanpa harus menunjukkan dokumen atau semacam surat nikah.

Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi saat mengonfirmasi laporan surat kabar Okaz menyatakan, pasangan turis asing tak perlu menunjukkan dokumen nikah untuk menyewa kamar hotel.

Selain itu, komisi pariwisata juga memperbolehkan perempuan Saudi untuk memesan kamar hotel sendiri tanpa harus ditemani wali atau mahromnya. Mereka tetap harus menunjukkan kartu identitas.

“Seluruh warga Saudi diminta untuk menunjukkan identitas keluarga atau bukti lain terkait hubungan pernikahan jika masuk hotel. Ini tak berlaku bagi turis asing. Seluruh perempuan, termasuk warga Saudi bisa memesan kamar hotel sendiri dengan menunjukkan identitas saat check-in,” bunyi pernyataan komisi pariwisata, seperti dilaporkan kembali Reuters pada Sabtu (5/10/2019).

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Saudi mengeluarkan visa turis sejak 28 September 2019. Ini merupakan upaya Kerajaan untuk menambah pemasukan negara dari sektor pariwisata serta mengurangi kebergantungan dengan minyak dalam Visi 2030.

Saudi menargetkan 100 juta kunjungan turis asing serta jamaah haji dan umroh per tahun pada 2030.

Pada tahap awal, Saudi mengeluarkan visa turis untuk 49 negara dan akan bertambah di kemudian waktu. Sebelum ini Saudi hanya mengeluarkan visa bagi jamaah haji dan umroh serta pelaku bisnis dan pelajar. [AR/dbs]

Check Also

12 Masjid di Jerman Terima Ancaman Bom & Pesan Islamophobia

BERLIN (Mata-Media.Net) – Islamophobia masih juga belum hilang dari Eropa. Sejumlah masjid dan politisi di Jerman ...