Monday , October 14 2019
Home / Berita / Utusan Amerika & Taliban Kembali Bertemu di Pakistan

Utusan Amerika & Taliban Kembali Bertemu di Pakistan

ISLAMABAD (Mata-Media.Net) – Utusan kelompok Nasionalis Taliban kembali bertemu dengan perwakilan khusus Salibis Amerika Serikat (AS) untuk Afganistan, Zalmay Khalilzad. Berbeda dengan pertemuan sebelumnya yang dirancang dan dipersiapkan dengan formal, pertemuan kali ini diklaim bersifat “kebetulan” di sela-sela kunjungan kedua belah pihak ke Pakistan, pada Kamis (3/10/2019).

Informasi bertemunya delegasi Taliban dan perwakilan Salibis AS disampaikan oleh dua (2) orang sumber pejabat pemerintah Pakistan yang menolak untuk disebutkan namanya. Keduanya menyampaikan informasi tersebut kepada Reuters yang kemudian dilansir kembali oleh Yeni Safak.

“Para pejabat Taliban mengadakan pertemuan dengan Zalmay Khalilzad. Yang bisa saya katakan adalah bahwa Pakistan memainkan peran besar didalamnya untuk meyakinkan mereka betapa pentingnya proses perdamaian,” kata seorang pejabat senior Pakistan yang dikonfirmasi oleh seorang pejabat lainnya.

Kedua sumber mengatakan, pertemuan berlangsung selama lebih dari satu jam dan tidak melibatkan perundingan formal. Meski demikian, pertemuan memang dimaksudkan untuk membangun kembali kepercayaan diantara kedua belah pihak untuk sama-sama mendapatkan keuntungan dalam kesepakatan damai diantara keduanya.

Seperti diketahui, pertemuan ini adalah pertemuan pertama sejak Presiden AS, Donald Trump menghentikan dialog damai dengan Taliban pada bulan September 2019 lalu.

Delegasi Taliban yang dipimpin oleh Mullah Abdul Ghani Baradar mengunjungi Pakistan sebagai salah satu negara turnya selain Rusia, China, dan Iran. Sementara Khalilzad melakukan kunjungan ke Pakistan untuk membahas pembicaraan damai dengan Taliban. [AR/dbs]

Check Also

12 Masjid di Jerman Terima Ancaman Bom & Pesan Islamophobia

BERLIN (Mata-Media.Net) – Islamophobia masih juga belum hilang dari Eropa. Sejumlah masjid dan politisi di Jerman ...