Thursday , November 21 2019
Home / Berita / Militer Filipina Siaga & Antisipasi Serangan Usai Kematian Syaikh Al-Baghdadi

Militer Filipina Siaga & Antisipasi Serangan Usai Kematian Syaikh Al-Baghdadi

MANILA (Mata-Media.Net) – Militer Salibis Filipina menyatakan sedang bersiaga penuh untuk mengantisipasi serangan dari para pendukung dan pengikut Islamic State (IS) setelah pemimpin tertinggi IS, Syaikh Abu Bakar Al-Baghdadi meninggal ketika dalam pertempuran melawan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (26/10/2019) akhir pekan lalu di desa Barisha, provinsi Idlib, Suriah.

Seperti dikutip dari Philstar.com, Kepala Komando Mindanao Barat, Letjen Cirilito Sobejana mengatakan, dirinya sudah memberikan peringatan kepada bawahannya untuk mengantisipasi serangan teror balasan dari pengikut dan pendukung IS.

Sobejana meminta unit-unit intelijen untuk memantau rencana yang kemungkinan dilakukan oleh pengikut dan pendukung IS.

“Unit intel (intelijen) kami memantau secara cermat apa pun rencana permusuhan terkait dengan netralisasi pemimpin IS internasional,” kata Sobejana, pada Senin (28/10/2019).

Ia menuturkan, kelompok mujahudin Abu Sayyaf yang berbasis di selatan Filipina terafiliasi dengan IS pada saat ini masih menjadi ancaman serius di wilayahnya. Karenanya, terdapat potensi serangan balasan dari kelompok tersebut atas kematian Syaikh Al-Baghdadi. [AR/dbs]

Check Also

Demo Tolak Kenaikan BBM di Iran Tewaskan 106 Lebih Orang Syiah

TEHERAN (Mata-Media.Net) – Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di negara Syiah Iran mengakibatkan sebanyak 106 orang ...