Thursday , November 21 2019
Home / Berita / Parlemen AS Mulai Proses Pelengseran Presiden Trump

Parlemen AS Mulai Proses Pelengseran Presiden Trump

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Seusai membuat heboh dengan menyampaikan kabar kematian pemimpin tertinggi Islamic State (IS), Syaikh Abu Bakar Al-Baghdadi, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kini sedang khawatir dan gusar soal upaya pemakzulan atau pelengseran terhadap dirinya yang dilakukan oleh parlemen AS.

Kongres AS secara resmi telah membuka ruang publik baru dalam penyelidikan terhadap Donald Trump pada Kamis (31/10/2019). Untuk pertama kalinya mereka memajukan proses pelengseran yang menargetkan Presiden Trump.

“Hari ini parlemen mengambil langkah maju untuk menetapkan prosedur yang didengar melalui diskusi terbuka sehingga publik dapat melihat fakta sendiri,” kata Ketua DPR AS, Nancy Pelosi.

“Apa yang dipertaruhkan dalam semua ini tidak lain adalah demokrasi kita,” lanjutnya seperti dirilis dari AFP pada Jumat, 1 November 2019.

Anggota Parleman AS memberikan suara dalam garis partai, 232 hingga 196, untuk mengeluarkan resolusi yang menjabarkan pedoman untuk tahap selanjutnya dari proses pemakzulan.

Semua anggota parlemen dari Partai Republik menentang langkah tersebut walaupun bermusuhan selama berminggu-minggu untuk memutuskan hasil pemungutan suara yang diperoleh mengakhiri deposisi rahasia dan membawa proses ke tempat terbuka.

Partai Demokrat sedang menyelidiki terkait adanya penyalahgunaan Trump atas kekuasaan presidensialnya dengan menekan pemerintah asing untuk memantau saingan politik dalam negeri.

Ini dapat menjadi momen memalukan bagi Trump jika dia menjadi presiden ketiga dalam sejarah untuk dilengserkan dan diadili dalam pencopotan senat atas dugaan meminta bantuan Ukraina agar terpilih kembali pada tahun 2020. [AR/dbs]

Check Also

Demo Tolak Kenaikan BBM di Iran Tewaskan 106 Lebih Orang Syiah

TEHERAN (Mata-Media.Net) – Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di negara Syiah Iran mengakibatkan sebanyak 106 orang ...