Thursday , November 21 2019
Home / Berita / Ulama Aceh: Cadar & Celana Cingkrang Tak Ada Subtansinya dengan Pemerintahan

Ulama Aceh: Cadar & Celana Cingkrang Tak Ada Subtansinya dengan Pemerintahan

ACEH (Mata-Media.Net) – Ulama Aceh menegaskan bahwa pemakaian cadar serta niqab bagi wanita Muslimah dan celana cingkrang atau di atas mata kaki bagi pria tidak ada hubungannya dengan radikalisme. Pernyataan itu untuk membantah wacana Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang akan melarang cadar dan celana cingkrang bagi PNS dan ASN.

“Radikalisme itu ideologi, pemahaman seseorang. Bukan dilihat dari cara berpakaian seseorang,” kata Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali di Banda Aceh, pada Jumat (1/11/2019).

Tgk H Faisal Ali yang akrab disapa Lem Faisal mengatakan, pemakaian cadar dan celana cingkrang merupakan hak privasi masing-masing individu masyarakat. Sebaiknya pemerintah dan para menteri fokus mengurusi persoalan yang penting dan subtansial ketimbang urusan keyakinan dan pribadi rakyat.

Kebijakan melarang pemakaian cadar dan celana cingkrang di pemerintahan, tegas Lem Faisal, tidak ada substansinya dengan tugas dan pelayan pemerintah sebagai penyelenggara negara.

“Banyak persoalan lainnya yang perlu dipikirkan dan diselesaikan pemerintah demi mewujudkan masyarakat yang aman tenteram, dan damai. Radikalisme itu tidak ada identik dengan cadar dan celana cingkrang,” tandas Tgk H Faisal Ali. [Abd/dbs]

Check Also

Demo Tolak Kenaikan BBM di Iran Tewaskan 106 Lebih Orang Syiah

TEHERAN (Mata-Media.Net) – Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di negara Syiah Iran mengakibatkan sebanyak 106 orang ...