Thursday , November 21 2019
Home / Berita / 19 Tentara Thailand Tewas & Terluka Diserang Kelompok Pejuang di Yala

19 Tentara Thailand Tewas & Terluka Diserang Kelompok Pejuang di Yala

YALA (Mata-Media.Net) – Serangan kelompok pejuang Muslim di sebuah pos pemeriksaan keamanan di Thailand selatan pada Selasa 5 November 2019 malam menewaskan sedikitnya 15 tentara dan melukai empat (4) tentara lainnya.

Selain senjata api, para penyerang juga menggunakan bahan peledak dan menebar paku di jalan raya provinsi Yala untuk memperlambat upaya pengejaran oleh petugas keamanan.

“Kemungkinan besar serangan ini adalah ulah para pemberontak,” kata Kolonel Pramote Prom-in, juru bicara badan keamanan regional, seperti dikutip dari Channel News Asia pada Rabu (6/11/2019).

“Ini adalah salah satu (serangan) terbesar dalam beberapa tahun terbesar di sini,” jelasnya.

Pemberontakan dari kelompok pejuang Muslim telah berlangsung selama lebih kurang satu dekade di Thailand selatan. Sebagian besar aksi pemberontakan terjadi di provinsi Yala, Pattani dan juga Narathiwat.

Menurut data grup Deep South Watch, pemberontakan di Thailand selatan telah menewaskan hampir 7.000 orang sejak tahun 2004. Hingga saat ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Yala.

Provinsi Yala, Pattani dan Narathiwat sebelumnya pernah menjadi bagian dari kesultanan Muslim Melayu. Thailand kemudian menganeksasi ketiga wilayah tersebut secara paksa dan penuh kekerasan di tahun 1909. [AR/dbs]

Check Also

Demo Tolak Kenaikan BBM di Iran Tewaskan 106 Lebih Orang Syiah

TEHERAN (Mata-Media.Net) – Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di negara Syiah Iran mengakibatkan sebanyak 106 orang ...