Thursday , January 23 2020
Home / Berita / 13 Tentara Perancis Tewas Saat Operasi Militer di Mali

13 Tentara Perancis Tewas Saat Operasi Militer di Mali

MALI (Mata-Media.Net) – Sebanyak 13 tentara Perancis tewas di Mali pada saat melakukan operasi militer melawan kelompok pejuang Islam. Namun kantor presiden Perancis mengatakan, 13 tentara itu ketika dua (2) helikopter bertabrakan selama militer operasi di Mali.

Kecelakaan pada Senin 25 November 2019 waktu setempat adalah salah satu peristiwa memakan korban jiwa terburuk bagi militer Perancis dalam beberapa dekade.

Menurut laporan BBC pada Selasa (26/11/2019),  Presiden Perancis Emmanuel Macron menyatakan “kesedihan mendalam” atas insiden tersebut. Investigasi terkait kematian belasan tentara Perancis juga telah dimulai.

Pada tahun 2013, Perancis mengerahkan ribuan pasukan ke Mali, setelah pejuang Islam menguasai sebagian besar wilayah utara.

Perancis sekarang memiliki 4.500 tentara yang dikerahkan untuk mendukung pasukan Mali, Mauritania, Niger, Burkina Faso dan Chad melawan kelompok pejuang Islam.

Sejauh ini informasi terkait insiden tersebut masih simpang siur. Sejumlah sumber menyebut Kementerian Pertahanan Perancis mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa helikopter Tiger bertabrakan dengan transportasi militer Cougar.

Diantara yang tewas adalah enam (6) petugas dan seorang kopral senior.

“Ke-13 pahlawan ini hanya memiliki satu tujuan: untuk melindungi kita. Aku turut merasakan rasa sakit orang-orang dan kawan-kawan yang mereka cintai,” tulis Presiden Macron dalam status di Twitter.

Seorang tentara Perancis lainnya, Brigadir Ronan Pointeau tewas awal bulan November 2019 ini setelah sebuah bom meledak di dekat kendaraannya.

Menurut militer Perancis, total 38 tentara Perancis telah tewas di Mali sejak negara itu pertama kali melakukan intervensi. Namun menurut sejumlah media, jumlah itu jauh lebih besar dari yang dipublikasikan. [AR/dbs]

Check Also

Meniti Jalan Taubat (Karena Taubat Suatu Keharusan)

Oleh: Furqan (Mata-Media.Net) – Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ ...