Sunday , December 8 2019
Home / Berita / Konsulat Iran Dibakar Pendemo Syiah Iraq di Kota Najaf

Konsulat Iran Dibakar Pendemo Syiah Iraq di Kota Najaf

NAJAF (Mata-Media.Net) – Demonstrasi yang dilakukan pengunjuk rasa atau pendemo yang mayoritas beragama Syiah yang anti dengan pemerintah Syiah Rafidhah Iraq terus berlangsung dan mengamuk diseluruh wilayah di Iraq, termasuk di wilayah Najaf. Para pendemo Syiah itu membakar kantor Konsulat Iran sebagai protes atas besarnya pengaruh Negara Syiah Iran dalam urusan-urusan pemerintah Baghdad. Sebelumnya, para pendemo juga membakar kantor Konsulat Iran di Kota Karbala.

Selain membakar gedung Konsulat Iran, para pengunjuk rasa juga menurunkan bendera nasional Negara Syiah Iran dan menggantinya dengan bendera nasional Iraq.

Konsulat Iran menyebut, para staf konsulat tidak ada yang terluka karena bergegas melarikan diri melalui pintu belakang kantor diplomatik tersebut.

Seperti dikutip kantor berita AP pada Kamis (28/11/2019), seorang pendemo tewas dan 35 lainnya luka-luka ketika polisi Syiah Iraq melepaskan tembakan untuk mencegah mereka memasuki fasilitas diplomatik Iran.

Para pengunjuk rasa di Iraq sebelumnya juga menyerang sebuah kantor Konsulat Iran di Karbala awal bulan November 2019 ini. Tidak ada yang terluka dalam serangan saat itu.

Peristiwa hari Rabu menandai peningkatan demonstrasi yang telah berlangsung selama berminggu-minggu di seluruh Iraq selatan karena ketidakpuasan dengan layanan publik, korupsi pemerintah dan pengangguran yang tinggi meskipun negara itu kaya minyak.

Setidaknya 350 orang Syiah telah tewas dan ribuan lainnya terluka dalam apa yang telah menjadi gerakan akar rumput terbesar melawan pemerintah Syiah Iraq dalam sejarah Iraq. Kerusuhan telah menjadi tantangan terbesar negara itu untuk saat ini yang notabenya sama-sama beragama Syiah.

Para pengunjuk rasa yang menduduki tiga (3) jembatan di pusat kota Baghdad—Jumhuriya, Ahrar dan Sinar—bentrok dengan pasukan keamanan ketika massa mencoba menghalangi pihak berwenang untuk mengakses area-area tersebut. [AR/dbs]

Check Also

Tentara Saudi Tembaki Pangkalan Militer AS di Florida, Tewaskan & Lukai 11 Tentara

FLORIDA (Mata-Media.Net) – Sebanyak 11 tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan terluka ketika seorang tentara ...