Sunday , December 8 2019
Home / Berita / Polri Perpanjang Operasi Tinombala di Poso Hingga Akhir Desember 2019

Polri Perpanjang Operasi Tinombala di Poso Hingga Akhir Desember 2019

POSO (Mata-Media.Net) – Karena tak kunjung menangkap semua anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang kini dipimpin oleh Ali Kalora, Mabes Polri mengumumkan untuk memperpanjang Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga akhir Desember 2019. Hal itu dikatakak oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra.

Ia menyebut perpanjangan masa operasi tersebut dilakukan berdasarkan perkembangan situasi yang sampai saat ini tim Densus 88 maupun aparat gabungan dari Brimob dan TNI tak kunjung bisa menangkap anggota MIT yang tersisa.

“Dalam operasi ini, Polri berdasarkan perkembangan situasi yang ada memperpanjang masa operasi ini sejak tanggal 4 Oktober 2019 hingga nanti 31 Desember 2019,” kata Asep di Mabes Polri, pada Kamis (28/11/2019).

Namun, Asep tak menjelaskan detail alasan Polri memperpanjang masa Operasi Tinombala itu. Ia hanya menyebut bahwa dalam perpanjangan masa operasi itu Polri tetap berkoordinasi dengan TNI.

“Kita tetap bekerjasama dengan TNI untuk kegiatan operasi ini,” ucap Asep.

Sebelumnya, Operasi Tinombala dilaksanakan Polri dan TNI sejak awal tahun 2016 di wilayah Poso. Operasi ini merupakan kelanjutan dari Operasi Camar Maleo IV, dengan tujuan untuk menangkap kelompok MIT pimpinan Santoso alias Abu Wardah.

Pada Juli 2016, Santoso meninggal ditembak Satuan Tugas Operasi Tinombala, setelah baku tembak di wilayah desa Tambarana, Poso Pesisir Utara. Pada saat pemakanan, ribuan warga Poso maupun yang datang luar Poso berbondong-bondong menyambut kedatangan Santoso untuk diantar ke tempat peristirahatan terakhir.

Perpanjangan masa Operasi Tinombala saat ini bertujuan menangkap penerus Santoso yaki Ali Kalora yang menjadi pemimpin MIT bersama sejumlah anggotanya yang masih tersisa. [Abd/dbs]

Check Also

Tentara Saudi Tembaki Pangkalan Militer AS di Florida, Tewaskan & Lukai 11 Tentara

FLORIDA (Mata-Media.Net) – Sebanyak 11 tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan terluka ketika seorang tentara ...