Sunday , December 8 2019
Home / Berita / Menag Fachrul Razi Wajibkan Majelis Taklim Lapor & Daftar ke Kemenag

Menag Fachrul Razi Wajibkan Majelis Taklim Lapor & Daftar ke Kemenag

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi kembali membuat kontroversi. Kali ini, Fachrul mewajibkan majelis taklim untuk melapor dan mendaftarkan aktivis pengajian atau majelis taklim ke Kementerian Agama (Kemenag). Kewajiban ini diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No 29 tahun 2019 tentang Majelis Taklim.

Aturan ini dikritik dan disayangkan oleh sejumlah pihak. Pasalnya, apakah hal serupa juga diterapkan untuk kegiatan keagamaan agama laim seperti Kristen. Sedangkan kewajiban majelis taklim bagi umat Islam terdaftar di Kemenag tertuang dalam Pasal 6 ayat (1) PMA 29/2019 tentang Majelis Taklim. Ketentuan ini berbunyi:

Majelis Taklim sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 harus terdaftar pada kantor Kementerian Agama.

Fachrul mengklaim, aturan dibuat untuk memudahkan Kemenag dalam memberikan bantuan. Namun sejumlah pihak menuding, hal itu untuk memata-matai pergerakan umat Islam yang mayoritas di Indonesia.

“Supaya kita bisa kasih bantuan ke majelis taklim. Kalau tidak ada dasarnya’ nanti kita tidak bisa kasih bantuan,” kata Menag Fachrul saat menjawab pertanyaan media usai menghadiri Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-53 UIN Imam Bonjol di Padang, Jumat (29/11/2019) seperti dikutip dari situs Kemenag. [Abd/dbs]

Check Also

Tentara Saudi Tembaki Pangkalan Militer AS di Florida, Tewaskan & Lukai 11 Tentara

FLORIDA (Mata-Media.Net) – Sebanyak 11 tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan terluka ketika seorang tentara ...