Sunday , December 8 2019
Home / Berita / Zulfan Lindan, Tokoh Syiah yang Usulkan Jokowi Jabat Presiden 3 Periode

Zulfan Lindan, Tokoh Syiah yang Usulkan Jokowi Jabat Presiden 3 Periode

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Ada usulan dari Ketua DPP Partai NasDem, Zulfan Lindan agar Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Presiden selama tiga (3) periode.

Saat hadir dalam acara Dialog Kompas TV pada Minggu (24/11/2019), Zulfan Lindan secara tidak langsung mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan sosok yang bisa membangun infrastruktur. Dan hal itu, menurut Zulfan ada pada sosok Jokowi.

Lalu, siapa sosok Zulfan Lindan tersebut? Dari penelusuran yang dilakukan redaksi Mata-Media.Net (MMC), Zulfan Lindan ternyata adalah salah satu tokoh Syiah Indonesia.  Zulfan Lindan saat ini tinggal di Jl. Mimosa, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang cukup dekat dengan markas besar Syiah, Islamic Cultural Center (ICC).

Zulfan Lindan pernah menjabat Ketua ormas Syiah, Ikatan Jama’ah Ahul Bait Indonesia (IJABI) antara tahun 2004 – 2008. Sekarang ini, Zulfan aktif di Partai Nasional Demokrat (Nasdem) setelah loncat dari PDIP besutan Megawati. Sebelumnya pentolan Syiah ini adalah anggota Komisi IX DPR dari PDIP.

Alumni Universitas Jayabaya ini juga pernah berziarah ke kota suci Syiah, Karbala di Iraq pada tahun 2011 untuk memperingati Arbain Husein bersama rombongan Syiah dari Indonesia.

Zulfan Lindan lahir di Aceh 1 November 1956. Dia berhasil mendirikan HMI cabang UI, Depok yang menganut pemikiran Syiah dan tercatat pernah aktif membina dan mengkader para mahasiswa dengan doktrin-doktrin Syiah yang sangat berbahaya dan membahayakan umat Islam.

Selama beberapa tahun HMI UI dikuasai oleh mahasiswa-mahasiswa Syiah hingga tahun 1995, HMI pecah menjadi dua (2) kubu; yakni kubu pro Syiah dan kubu anti-Syiah.

Belakangan kubu anti-Syiah didukung pengurus HMI pusat dan kubu pro-Syiah terdepak dari HMI. Alumni HMI Syiah ini lalu mendirikan FAHMI (Forum Alumni HMI).

Di tahun 2007, Zulfan juga pernah mendatangi tempat kediaman Mbah Maridjan di Desa Kinah Rejo, Sleman, Yogyakarta. Maksud kedatangannya adalah untuk memohon restu karena Zulfan berniat maju sebagai calon presiden pada 2009 silam dan untuk mendongkrak popularitasnya, namun obsesinya tersebut gagal terealisasi.

Zulfan juga tercatat sebagai Ketua Umum Gerakan Masyarakat Penerus Bung Karno yang baru-baru ini mengadakan jumpa pers soal toleransi di Jakarta, pada Jumat (3/1/2014).

Hadir juga dalam acara itu antara lain Ketua Dewan Syura Ahlul Bait Indonesia (ABI) Umar Shahab mewakili Syiah, Koordinator Solidaritas Korban Pelanggaran Kebebasan Beragama/Berkeyakinan Pendeta Palti Panjaitan, dan Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Jeirry Sumampow. [Abd/dbs]

Check Also

Tentara Saudi Tembaki Pangkalan Militer AS di Florida, Tewaskan & Lukai 11 Tentara

FLORIDA (Mata-Media.Net) – Sebanyak 11 tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan terluka ketika seorang tentara ...