Thursday , January 23 2020
Home / Berita / Kemenag Hapus Materi Khilafah & Jihad dari Fikih, Dipindah ke Pelajaran Sejarah

Kemenag Hapus Materi Khilafah & Jihad dari Fikih, Dipindah ke Pelajaran Sejarah

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Secara perlahan, materi tentang Khilafah dan ruh jihad yang ada pada diri seorang Muslim akan dihilangkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag). Hal yang dinilai oleh sebagian orang sangat ironis, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam.

Namun, Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, Prof Kamaruddin Amin mengklaim, Khilafah dan jihad tidak dihapus dari pelajaran. Hanya saja, materi tersebut dipindahkan tempatnya dari pelajaran fikih ke pelajaran sejarah.

“Jadi fakta bahwa pernah ada Khilafah dalam sejarah peradaban Islam itu tidak bisa ditutupi, itu fakta adanya pernah ada dalam sejarah peradaban Islam, mulai dari Khulafaur Rasyidin sampai jatuhnya Turki Usmani tahun 1924 itu tetap disampaikan,” kata Prof Kamaruddin di Kantor Kemenag, pada Senin (9/12/2019).

Dirjen Pendis menyampaikan, terkait materi Khilafah dan jihad akan diberikan perspektif yang lebih produktif dan kontekstual. Nanti disampaikan bahwa khilafah itu tidak cocok lagi untuk konteks Indonesia.

Sebab Indonesia adalah negara bangsa yang sudah memiliki konstitusi. Sekarang di dunia ini sudah tidak ada lagi negara Islam yang menerapkan khilafah. Menurutnya, negara Islam ada yang bentuknya republik, kerajaan dan sekuler. Mereka sudah memilih berbagai sistem pemerintahan.

“Jadi khilafah itu sudah tidak ada, pernah ada dulu dalam pelajaran sejarah, sekarang sudah tidak ada lagi dan sudah tidak cocok dalam konteks Indonesia karena sudah menjadi negara bangsa,” ujarnya.

Padahal faktanya, sejak zaman Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin hingga seterusnya, sistem Khilafah Islamiyyah terbukti sudah dipraktekkan serta cocok dan menjadi pelopor peradaban Islam yang berkemajuan untuk kemasalahatan umat, baik yang beragama Islam maupun diluar Islam (orang Kafir). [Abd/dbs]

Check Also

Meniti Jalan Taubat (Karena Taubat Suatu Keharusan)

Oleh: Furqan (Mata-Media.Net) – Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ ...