Thursday , January 23 2020
Home / Berita / Cegah Demo Makin Meluas, Aparat Syiah Iran Tahan Para Pendemo

Cegah Demo Makin Meluas, Aparat Syiah Iran Tahan Para Pendemo

TEHERAN (Mata-Media.Net) – Unjuk rasa atau demo yang dipicu kegeraman warga Syiah anti rezim Syiah Iran atas pengelakan pemerintah Syiah Iran terhadap insiden jatuhnya pesawat Ukraina semakin meluas. Sebelumnya, pesawat Boeing 737 milik maskapai Ukraina jatuh di Teheran yang menewaskan 176 orang asing.

Untuk mencegah semakin meluasnya unjuk rasa menjadi demo anti pemerintah, aparat Syiah Iran pun telah menahan 30 orang pengunjuk rasa karena dianggap menjadi provokator. Informasi ini disampaikan oleh pihak berwenang pada Selasa (14/1/2020) seperti yang dilansir Reuters.

Polisi Syiah Iran menyatakan akan memproses 30 orang pengunjuk rasa yang mayoritas beragama Syiah ini sesuai hukum yang berlaku.

Sejak pemerintah mengaku secara resmi pada Sabtu (11/1/2020), pengunjuk rasa yang didominasi oleh mahasiswa mengadakan protes secara besar-besaran. Mereka menuntut rezim segera dibubarkan dan Pemimpin Tertinggi Syiah Iran, Ali Khamenei turun dari jabatannya.

Protes kemudian ditanggapi oleh berbagai aksi tegas dari polisi. Dalam beberapa video yang tersebar di media sosial terlihat polisi memukuli demonstran menggunakan tongkat kayu hingga tongkat listrik. Bahkan ada juga para pendemo yang ditembaki.

Sementara itu, Presiden Iran Hassan Rouhani mengungkapkan pihaknya telah melakukan penyelidikan secara menyeluruh terkait insiden jatuhnya pesawat Ukraina Boeing 737-800. [AR/dbs]

Check Also

Meniti Jalan Taubat (Karena Taubat Suatu Keharusan)

Oleh: Furqan (Mata-Media.Net) – Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ ...