Monday , February 24 2020
Home / Berita / 5 Roket Katyusha Hantam Kedubes Amerika di Baghdad Iraq

5 Roket Katyusha Hantam Kedubes Amerika di Baghdad Iraq

BAGHDAD (Mata-Media.Net) – Lima (5) roket Katyusha menghantam Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) di Baghdad, Iraq pada Minggu (26/1/2020). Satu (1) roket dikabarkan jatuh tepat di kafetaria milik Kedubes AS di waktu makan malam staff sementara roket lainnya mendarat di dekatnya.

Menurut seorang pejabat Syiah Rafidhah Iraq, satu orang terluka dalam kejadian ini. “Namun belum kondisi seberapa seriusnya korban dan apakah ia warga AS atau bukan masih belum terkonfirmasi,” tulis AFP.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab pada serangan tersebut. Tetapi rezim Salibis AS telah berulang kali menuding pemerintah Syiah Iran ada di belakang serangan tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Iraq, Adel Abdul-Mahdi pada Senin (27/1/2020) waktu setempat dikutip laman Anadolu Agency mengatakan bahwa pihaknya mengutuk serangan itu.

“Serangan bermusuhan terhadap misi asing ini diulangi dengan misil-misil yang jatuh di dalam kompleks Kedutaan AS. Selagi mengutuk tindakan ilegal ini, kami menginstruksikan pasukan keamanan kami untuk menangkap para penyerang dan membawa mereka ke pengadilan,” katanya.

Abdul-Mahdi memang tak dapat menoleransi serangan tersebut. Menurutnya, aksi-aksi demikian dapat mengubah Iraq menjadi zona konflik.

Pada 2 Januari 2020 lalu, dua (2) roket Katyusha menghantam Zona Hijau di Baghdad. Roket tersebut mendarat tak jauh dari gedung Kedubes AS. Sebanyak enam (6) orang terluka akibat peristiwa tersebut.

Serangan roket Katyusha itu dilancarkan tepat 2 hari setelah AS membunuh Komandan Pasukan Quds dari Garda Revolusi Syiah Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani di Bandara Internasional Baghdad. Iraq mengecam aksi pembunuhan tersebut. Ia khawatir negaranya akan menjadi medan pertempuran AS dengan Iran.

Beberapa hari setelah pembunuhan Soleimani, Iran memang melancarkan puluhan misil ke pangkalan militer Ain al-Asad di Iraq. Pangkalan tersebut diketahui turut dihuni pasukan AS. [AR/dbs]

Check Also

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Perbatasan Turki & Iran, 7 Orang Tewas

ANKARA (Mata-Media.Net) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Turki yang berdekatan dengan perbatasan Iran pada ...