Monday , February 24 2020
Home / Berita / Pesawat Militer Amerika Jatuh di Provinsi Ghazni Afghanistan

Pesawat Militer Amerika Jatuh di Provinsi Ghazni Afghanistan

GHAZNI (Mata-Media.Net) – Pesawat Bombardier Global 6000/E-11A milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh di wilayah Provinsi Ghazni, Afghanistan, pada Senin (27/1/2020). Belum jelas berapa banyak orang didalam pesawat militer itu. Awalnya, pesawat yang jatuh dikira milik Ariana Afghan Airlines, namun maskapai itu membantahnya.

Juru bicara pemerintah provinsi setempat, Arif Noori mengatakan kepada CBS News bahwa pesawat itu diduga melakukan penerbangan antara kota Kandahar di selatan dan Kabul, Ibu Kota Afghanistan yang berjarak sekitar 200 mil. Provinsi Ghazni berada diantara kedua lokasi itu.

Noori mengatakan jasad dua (2) pilot ditemukan di lokasi kecelakaan dan pesawat militer AS itu hancur. Dia tidak menyebutkan adanya korban lain. Noori mengatakan pesawat yang jatuh bukan milik militer Afghanistan, tetapi dia tidak dapat memastikan siapa yang mengoperasikan pesawat itu.

Tak lama kemudian, beberapa ahli melaporkan bahwa itu adalah pesawat E-11A yang ditugaskan ke Skuadron Tempur Elektronik Ekspedisi 430 Angkatan Udara AS. Penyebab kecelakaan masih belum jelas, dan tidak ada rincian tentang korban jiwa.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan bangkai pesawat terdapat lambang Angkatan Udara AS.

E-11A adalah varian militer dari Bombardier BD-700 Global Express sipil yang digunakan sebagai platform overhead komunikasi-relai di Asia Tenggara. Pesawat ini membawa Northrop Grumman Battlefield Airborne Communications Node atau BACN, yang memungkinkan sistem komunikasi medan perang yang berbeda untuk berbagi data.

Kepala Staf Angkatan Udara AS, Jenderal David Goldfein mengonfirmasi bahwa Amerika telah kehilangan salah satu pesawat jaringan komunikasi Bombardier E-11A di Afghanistan. Dia tidak merinci penyebab kecelakaan itu dan mengatakan tidak ada informasi tentang korban pada saat itu.

Kelompok Nasionalis Taliban yang juga ada di wilayah Ghazni mengklaim telah menembak jatuh pesawat tersebut. Namun klaim Taliban tidak menunjukkan bukti-bukti yang bisa dipercaya dan mendukung klaim tersebut. [AR/dbs]

Check Also

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Perbatasan Turki & Iran, 7 Orang Tewas

ANKARA (Mata-Media.Net) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Turki yang berdekatan dengan perbatasan Iran pada ...