Sunday , April 5 2020
Home / Berita / Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Perbatasan Turki & Iran, 7 Orang Tewas

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Perbatasan Turki & Iran, 7 Orang Tewas

ANKARA (Mata-Media.Net) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Turki yang berdekatan dengan perbatasan Iran pada Minggu (23/2/2020). Kementeran Dalam Negeri Turki melaporkan, ada tujuh (7) korban jiwa akibat gempa tersebut.

Menurut laporan Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) seperti dilansir dari The Straits Times, gempa di perbatasan Turki dan Iran ini berada di kedalaman lima (5) kilometer. Kantor berita TRT World melaporkan bahwa gempa terasa di 43 desa perbatasan di Turki.

“Tim penolong telah dikerahkan ke lokasi. Sejauh ini, kami belum menerima adanya laporan kerusakan atau korban jiwa. Lokasi gempa berada dekat provinsi Azerbaijan, Iran,” kata seorang pejabat Iran kepada saluran televisi nasional.

Namun seorang pejabat lainnya mengatakan bahwa gempa kemungkinan akan menimbulkan banyak korban jiwa dan juga kerusakan. Ia menyebut gempa terasa di beberapa kota termasuk Khoy, Urmiah, dan Salmas.

“Sekitar 43 desa merasakan dampak antara 10 hingga 100 persen kerusakan. Sejauh ini kami belum menerima laporan korban jiwa, hanya beberapa yang terluka,” ucap pejabat tersebut.

Dilintasi sejumlah garis patahan, Iran dan Turki merupakan 2 dari sejumlah negara dunia yang paling rentan diguncang gempa bumi.

Gempa bumi di Turki bagian timur pada Januari 2020 lalu telah menewaskan lebih dari 40 orang. Sementara gempa di Iran dalam periode yang sama juga merusak sejumlah bangunan tanpa menelan korban jiwa. [AR/dbs]

Check Also

Dalam Sehari, Hampir 1.500 Orang di AS Tewas Karena Virus Corona

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor terburuk sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 ...