Sunday , April 5 2020
Home / Berita / 2 Orang di Gaza Palestina Jadi Kasus Pertama Terinfeksi Virus Corona

2 Orang di Gaza Palestina Jadi Kasus Pertama Terinfeksi Virus Corona

GAZA (Mata-Media.Net) – Kasus positif virus corona atau Covid-19 pertama terkonfirmasi di wilayah Gaza, Palestina, pada Minggu (23/3/2020). Virus corona dilaporkan telah menginfeksi dua (2) warga Palestina yang telah berpergian ke Pakistan dan kini tengah dikarantina.

PBB telah memperingatkan wabah virus corona di Gaza bisa menjadi bencana, penyebabnya adalah tingginya angka kemiskinan dan lemahnya sistem kesehatan di jalur pesisir di bawah blokade Zionis Yahudi Israel sejak tahun 2007 itu.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, 2 orang yang dites positif virus corona ini telah dikarantina sejak mereka kembali dari Pakistan pada Kamis dan tidak berinteraksi dengan masyarakat luas.

“Dua kasus ini tercatat diantara mereka yang kembali ke Gaza, (dan) tidak bercampur dengan penduduk Jalur Gaza,” kata Wakil Menteri Kesehatan, Yousef Abu Al-Reesh seperti dikutip dari France 24.

Warga yang terinfeksi ini diidentifikasi sebagai 2 orang pria, dan dalam kondisi stabil, kata kementerian tersebut.

Untuk diketahui, penjajah Yahudi Israel telah memberlakukan blokade di Gaza sejak 2007, ketika kelompok Hamas mengambil alih wilayah tersebut.

Israel berpendapat langkah itu penting untuk mengisolasi Hamas, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh sebagian besar negara Barat.

Pergerakan keluar dan masuk di wilayah sangat dibatasi oleh Israel dan Mesir sebelum pandemi, dan kemudian diperketat sejak pandemi virus corona.

Otoritas di Gaza mengatakan, lebih dari 2.700 warga Palestina melakukan isolasi diri di rumah, kebanyakan mereka yang baru kembali dari Mesir. [AR/dbs]

Check Also

Dalam Sehari, Hampir 1.500 Orang di AS Tewas Karena Virus Corona

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor terburuk sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 ...