Sunday , April 5 2020
Home / Berita / Pejuang IS Serang Kuil Sikh-Hindu di Kota Kabul, Tewaskan Sejumlah Orang

Pejuang IS Serang Kuil Sikh-Hindu di Kota Kabul, Tewaskan Sejumlah Orang

KABUL (Mata-Media.Net) – Kelompok bersenjata menyerang kuil Sikh-Hindu di kota Kabul, Afghanistan pada Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 07.45 waktu setempat.

Saat kejadian ada sekitar 150 orang berada didalam kuil Mereka berada di kuil untuk melaksanakan ritual syirik pada pagi hari. Sesaat setelah kejadian, Islamic State (IS) mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Serangan terbaru pasukan Daulah Islam sekarang ini di dalam kuil Sikh di kota Kabul, Afghanistan,” demikian laporan kantor berita A’maaq pada Rabu.

Sejauh ini belum diketahui kondisi semua korban yang ada didalam kuil, namun ada sejumlah orang yang dilaporkan tewas dan belasan luka lainnya dibawa ke rumah sakit. Telepon seluler mereka mati, sehingga tidak diketahui perkembangan di lokasi.

Sementara itu pasukan keamanan langsung mendatangi kuil dan berupaya negosiasi dengan para pelaku.

“Sekitar pukul 07.45, sejumlah penyerang mamasuki kuil Sikh-Hindu. Orang-orang terjebak di dalam bangunan dan (pasukan keamanan) berupaya menyelamatkan mereka,” kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Tariq Arian seperti dikutip dari AFP.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Wahidullah Moyar mengatakan, sebanyak 15 korban luka dalam insiden itu, dan sejumlah lainnya dilaporkan tewas. Dia mengkhawatirkan jumlah korban akan terus bertambah karena banyak orang yang kemungkinan disandera.

Selain itu, foto yang beredar di media sosial menunjukkan beberapa korban tewas tergeletak di dalam kuil. Ada pula video kepanikan para pengunjung kuil yang  berlarian menyelamatkan diri. [AR/dbs]

Check Also

Dalam Sehari, Hampir 1.500 Orang di AS Tewas Karena Virus Corona

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor terburuk sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 ...