Sunday , April 5 2020
Home / Berita / Presiden Trump: AS Akan Hancur Jika Terapkan Lockdown

Presiden Trump: AS Akan Hancur Jika Terapkan Lockdown

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyebut bahwa  lockdown bisa menghancurkan negaranya. Dia berharap penguncian yang dilakukan oleh negara bagian maupun kota akan berakhir pada pertengahan April 2020.

Saat ini, AS menghadapi lonjakan kasus virus corona dalam sepekan terakhir. Negara itu berada di posisi ketiga kasus Covid-19 dengan 49.768 orang yang positif terinfeksi, di bawah China dan Italia. Sementara dari sisi jumlah korban yang tewas, AS di urutan keenam yakni dengan 600 kasus kematian.

“Banyak orang yang setuju dengan saya. Negara kita tidak dibangun untuk ditutup. Anda bisa menghancurkan negara dengan cara mengisolasinya,” ujar Trump kepada Fox News, seperti dilaporkan kembali AFP pada Rabu (25/3/2020).

“Saya ingin negara ini tetap dibuka dan ingin pergi menjelang Paskah,” lanjut Trump, merujuk pada hari besar Kristiani yang jatuh pada Paskah pada 12 April 2020.

Langkah social distancing dan karantina dilakukan di sebagian besar AS, hingga menyebabkan mandeknya perekonomian. Dalam wawancara itu Trump menegaskan bahwa lockdown merupakan reaksi berlebihan.

“Kami kehilangan ribuan orang per tahun karena flu, tapi kami tidak menutup negara,” katanya.

Trump juga membandingkan dengan kasus kecelakaan lalu lintas yang jumlah korbannya bahkan melebihi penderita flu.

“Kami kehilangan lebih banyak lagi karena kecelakaan mobil. Kami tidak memanggil perusahaan otomotif untuk mengatakan, ‘Berhenti membuat mobil. Kami tidak ingin mobil lagi,'” jelasnya.

Dia juga menyinggung soal kerugian yang dialami produsen pesawat serta maskapai penerbangan sebagai dampak dari lockdown.

“Kita tidak bisa kehilangan Boeing. Kita tidak bisa kehilangan beberapa perusahaan ini. Jika kehilangan perusahaan-perusahaan ini, kita berbicara tentang ratusan ribu, bahkan jutaan pekerja,” ujarnya.

Para ahli kesehatan mengungkapkan, langkah-langkah lockdown dan social distancing merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. [AR/dbs]

Check Also

Walikota Prabumulih Sebut Meliburkan PNS & Sekolah Tak Cegah Corona

PRABUMULIH (Mata-Media.Net) – Media sosial (medsos) pada Sabtu (4/4/2020) dihebohkan oleh video viral Walikota Prabumulih, ...