Thursday , November 21 2019
Home / Berita / Bakar Kuil Syiah di Melbourne, 3 Pemuda Dipenjarakan 16 Tahun Lebih

Bakar Kuil Syiah di Melbourne, 3 Pemuda Dipenjarakan 16 Tahun Lebih

MELBOURNE (Mata-Media.Net) – Tiga (3) pemuda pendukung Islamic State (IS) yang membakar sebuah kuil Syiah di kota Melbourne untuk meneror kaum Syiah dipenjarakan selama lebih dari 16 tahun. Seorang hakim mengatakan kejahatan mereka dimotivasi oleh kebencian, intoleransi dan kedengkian.

Abdullah Chaarani (28), Ahmed Mohammed (26) dan Hatim Moukhaiber (30) dijatuhi hukuman setelah didakwa Mahkamah Agung Victoria karena terlibat dalam aksi teroris dengan membakar kuil Fawkner pada Desember 2016 silam.

Tahun lalu, dua (2) laki-laki, Chaarani dan Mohammed juga dihukum atas rencana yang digagalkan untuk melakukan serangan di Kawasan Federation Square, yang direncanakan hanya beberapa minggu setelah serangan di kuil Syiah itu.

Ketiga lelaki itu masuk ke kuil Syiah bernama Imam Ali Islamic Centre di tengah malam pada 11 Desember 2016, dan menggunakan 20 liter bensin dan ban mobil untuk membakar ruang sholat pria. Api menyebabkan kerusakan senilai $ 1,5 juta (atau setara Rp 15 miliar) dan kuil Syiah itu harus dihancurkan.

Dalam putusannya terhadap para pelaku serangan itu, Hakim Agung Andrew Tinney mengatakan, kaum Muslimin Sunni telah melakukan kejahatan keji untuk menyerang dan meneror kaum Syiah yang menggunakan kuil tersebut.

Hakim Tinney mengatakan tindakan itu adalah “serangan terhadap kebebasan beragama” yang “tidak mungkin dimaafkan”.

Mereka meninggalkan jejak mereka di dinding, menggunakan cat semprot untuk menulis kata-kata yang terkait dengan IS, yakni dalam bahasa Inggris dan Arab, sebuah pesan bertuliskan Ad-Daulah Al-Islamiyyah dan The Islamic State yang menurut hakim dibiarkan “untuk dilihat seluruh dunia”. [AR/dbs]

Check Also

Demo Tolak Kenaikan BBM di Iran Tewaskan 106 Lebih Orang Syiah

TEHERAN (Mata-Media.Net) – Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di negara Syiah Iran mengakibatkan sebanyak 106 orang ...