Saturday , September 21 2019
Home / Berita / Utusan AS & Taliban Kembali Bertemu di Qatar Bahas Perundingan Damai

Utusan AS & Taliban Kembali Bertemu di Qatar Bahas Perundingan Damai

DOHA (Mata-Media.Net) – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan, utusan khusus Amerika untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad sedang melawat ke Doha, Qatar pada hari Selasa (20/8/2019) untuk memulai kembali pembicaraan dan perundingan damai dengan kepompok Nasionalis Taliban, serta menyusun persetujuan perdamaian yang ditujukan untuk mengakhiri konflik selama 18 tahun di negara itu.

Dalam sebuah pernyataan dikatakan, Zalmay Khalilzad juga akan berkunjung ke Kabul guna berkonsultasi dengan pemimpin pemerintah Afghanistan tentang proses perdamaian dan menganjurkan Afghanistan agar bersiap-siap untuk perundingan intra-Afghanistan.

Saat ini Taliban sedang berunding dengan Amerika seputar jadwal bagi penarikan pasukan Amerika dan NATO dari Afghanistan. Kecuali kalau hal itu berlangsung, kelompok pemberontak itu mengatakan, mereka tidak akan terlibat dalam perundingan intra-Afghanistan itu guna membahas gencatan senjata permanen dan isu-isu tentang pengaturan politik di masa depan.

Sebagai imbalan penarikan pasukan asing itu, Taliban wajib mencegah teroris trans-nasional memanfaatkan teritori Afghanistan, terutama yang dikuasai kelompok pemberontak itu, untuk terorisme internasional. Teroris trans-nasional yang dimaksud ini adalah Islamic State (IS) yang semakin berkembang dan mendapatkan simpati dari rakyat Afghanistan. [AR/dbs]

Check Also

Mantan Presiden Diktator Tunisia Ben Ali Tewas di Saudi

JEDDAH (Mata-Media.Net) – Mantan presiden Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali, pemimpin pertama yang digulingkan oleh ...