Monday , February 24 2020
Home / Berita / 2 Anggota TNI Tewas & Terluka Ditembak Kelompok Separatis Papua di Nduga

2 Anggota TNI Tewas & Terluka Ditembak Kelompok Separatis Papua di Nduga

NDUGA (Mata-Media.Com) – Sejumlah anggota TNI kembali menjadi korban tewas dan terluka setelah ditembaki oleh kelompok separatis teroris Papua atau yang disebut aparat dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) setelah terjadi baku tembak antara kedua pihak.

Kontak senjata terjadi antara KKB dan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) TNI AD di sekitar Lapangan Terbang Mapenduma, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua pada Senin (28/1/2019). Dalam insiden ini, dua (2) anggota TNI AD menjadi korban dan 1 diantaranya tewas.

Prajurit TNI yang tewas dalam kontak senjata tersebut diketahui bernama Praka Nazarudin. Sementara Praka Pagesa yang turut menjadi korban dari peristiwa tersebut mengalami luka-luka setelah terkena tembakan.

Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi menjelaskan, kronologi penembakan berawal saat Praka Nazarudin dan Praka Pagesa bertugas melakukan pengamanan Lapangan Terbang Mapenduma di Kabupaten Nduga. Saat itu, ada pesawat yang akan landing dan take off dari bandara.

Keduanya tiba-tiba ditembaki dari arah ketinggian di sekitar Lapangan Terbang Mapenduma. “Keduanya sedang melakukan pengamanan di ujung landasan tersebut dan ditembaki oleh kelompok yang diduga pimpinan Egianus Kogoya,” kata Letkol Inf Dax Sianturi di Jayapura, pada Senin.

Dax memaparkan, rencananya jasad Praka Nazarudin akan dievakuasi besok Selasa (29/1/2019) ke Jayapura melalui Timika. Kedua anggota TNI tersebut saat ini berada di RSUD Timika. “Termasuk Praka Pagesa yang terkena luka rekoset pada bagian tangan kanannya,” jelasnya. [Abd/dbs]

Check Also

Myanmar Akan Adili Lebih Banyak Tentara yang Terlibat Pembantaian Muslim Rohingya

YANGON (Mata-Media.Net) – Militer Myanmar pada Sabtu (22/2/2020) mengatakan, pihaknya akan menyeret lebih banyak tentara ke pengadilan ...