Sunday , April 5 2020
Home / Firqah / Nasehat Islamic State (IS) dalam Menghadapi Virus Corona

Nasehat Islamic State (IS) dalam Menghadapi Virus Corona

SYAM (Mata-Media.Net) – Virus corona atau Covid-19 yang pertama kali muncul di kota Wuhan, provinsi Hubei, China pada akhir Desember 2019 lalu telah menjadi wabah global yang menyerang lebih dari 99 negara di dunia.

Oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO, virus corona pada Kamis (12/3/2020) telah ditetapkan sebagai pandemi. Mewabahnya virus corona ini juga menjadi perhatian Islamic State (IS). Melalui buletin An-Naba’ edisi atau nomor 225 yang dirilis pada Jumat (13/3/2020) atau bulan Rajab 1441 Hijriyah, IS memberikan pengarahan kepada kaum Muslimin dan masyarakat dunia dalam menghadapi virus corona.

Ada beberap poin yang dinasehatkan dan pesan yang disampaikan oleh IS, diantaranya adalah :

1. Kaum Muslimin wajib beriman kepada Allah dan berkeyakinan bahwa penyakit tidak menyebar dengan sendirinya kecuali dengan perintah dan ketentuan Allah.

2. Wajib melakukan tindakan-tindakan preventif dari penyakit, salah satunya dengan cara menjauhinya (tempat kemunculan dan menyebarnya wabah tersebut).

3. Menutup mulut ketika menguap dan bersin.

4. Bertawakkal kepada Allah dan meminta perlindungan kepada Allah dari segala penyakit.

5. Menutup wadah-wadah.

6. Wajib mencuci tangan sebelum memasukkannya ke wadah-wadah.

Dalam pesan tambahan yang bermunculan di media sosial (medsos) sejak pesan IS ini dirilis, sejumlah netizen juga ikut berkomentar, salah satunya adalah, “Ternyata bukan hanya ingin akidah mereka yang selamat, tapi Daulah Islam juga ingin umat Islam selamat lahir dan bathin, terhindar dari segala macam penyakit”.

“Dari point-point diatas, kita dapat melihat bahwa hanya kembali kepada sunnah, umat Islam mampu selamat lahir dan bathin dari segala macam bahaya,” demikian bunyi salah satu komentar netizen si medsos. [AR/dbs]

Check Also

Walikota Prabumulih Sebut Meliburkan PNS & Sekolah Tak Cegah Corona

PRABUMULIH (Mata-Media.Net) – Media sosial (medsos) pada Sabtu (4/4/2020) dihebohkan oleh video viral Walikota Prabumulih, ...