Sunday , April 5 2020
Home / Firqah / Ibadah di Masjid Dihentikan, Misa Pentahbisan di Gereja Tetap Berjalan

Ibadah di Masjid Dihentikan, Misa Pentahbisan di Gereja Tetap Berjalan

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Sungguh ironis nasib umat Islam yang merupakan mayoritas penduduk di Indonesia. Disaat sedang membutuhkan kekuatan lahir dan batin ditengah merebaknya wabah dan virus corona atau Covid-19, umat Islam justru dihimbau agar tidak datang ke masjid untuk sholat Jumat dan sholat berjamaah di masjid yang merupakan rumah Sang Pencipta Alam Semesta, Allah SWT.

Bahkan ketika ada pihak-pihak yang mengajak umat yang tidak sakit atau sehat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah di masjid, dan melakukan gerakan memakmurkan masjid dan sholat berjamaah malah di nyinyirin oleh sebagian orang dan pemerintah maupun lembaga keagamaan (MUI) di Indonesia, dan justru dianggap tidak tau keadaan atau waqi’ terkait corona ini.

Namun disisi lain, umat agama lainnya, sebut saja agama Kristen masih bisa tetap menjalankan ibadah di gereja, misalnya acara Misa Pentahbisan Uskup Ruteng di Gereja Katedral Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (19/3/2020), dan tidak upaya untuk menegur dengan keras atau menghentikan acara misa tersebut sebagaimana upaya aparat dan pejabat yang menghentikan atau menunda acara Ijtima’ Ulama Dunia 2020 Zona Asia yang diselenggarakan Jamaah Tabligh (JT) di Kompleks Darul-Ulum, Kecamatan Bontomarannu, Pakkatto, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Kamis, 19 Maret 2020.

IBADAH UMAT ISLAM DI MASJID DIHENTIKAN

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Salah satu isi fatwa tersebut adalah, MUI meminta umat Islam agar melaksanakan ibadah di rumah saja untuk sementara waktu.

Salah satu isi fatwa adalah mengatur tentang ibadah shalat Jumat dan mengenai ketentuan yang harus dilakukan terhadap jenazah pasien pengidap virus corona atau Covid-19.

Selain itu, MUI juga menegaskan fatwa haram atas tindakan yang menimbulkan kepanikan, memborong, dan menimbun kebutuhan pokok berserta masker.

Menurut Ketua Dewan Fatwa MUI Hasanuddin, fatwa ini disahkan pada Senin (16/3/2020). “Tindakan yang menimbulkan kepanikan dan atau menyebabkan kerugian publik, seperti memborong dan menimbun bahan kebutuhan pokok dan menimbun masker hukumnya haram,” kata Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya, pada Senin.

Bagi MUI, shalat Jumat dapat diganti dengan shalat dzuhur di rumah masing-masing, karena shalat Jumat merupakan ibadah wajib yang melibatkan banyak orang sehingga berpeluang terjadinya penularan virus secara massal. Padahal, tidak ada dalil syar’i maupun contoh dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang menyebutkan bahwa orang yang sehat boleh melakukan ibadah sholat Jumat di rumah, kecuali ada uzur syar’i, seperti sedang sakit atau safar (bepergian).

IBADAH DI GEREJA TETAP BERLANGSUNG & BERJALAN

Mgr Siprianus Hormat ditahbiskan menjadi Uskup Ruteng di Gereja Katedral Ruteng, Manggarai, NTT pada Kamis (19/3/2020).

Misa dihadiri ribuan umat Katolik yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sejak 09.00 WITA hingga Kamis siang. Misa pentahbisan Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat dihadiri sekitar 7.000 orang dan tetap dilangsungkan pada hari Kamis tadi.

Informasi yang dihimpun florespedia, misa pentahbisan Uskup Ruteng ini dimulai pukul 08.30 WITA dengan perarakan dari Gereja Katedral lama menuju Gereja Katedral baru.

Sedangkan seperti dikutip dari akun Twitter Komsos KWI, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai sudah berdiri di pintu-pintu masuk Gereja Katedral Ruteng.

Para petugas ini memberikan antiseptik kepada semua peserta yang masuk dan melakukan tes suhu tubuh sebagai syarat mengikuti misa.

Pantauan florespedia, umat Keuskupan Ruteng telah mendatangi lokasi pentahbisan di Gereja Katedral Ruteng untuk secara langsung mengikuti misa pentahbisan Uskup Mgr. Siprianus Hormat.

Sehari sebelum acara pentahbisan, rombongan dari Komisi Waligereja Indonesia (KWI), yakni Ketua KWI Mgr Ignatius Kardinal Suharyo didampingi Sekjen KWI Rm Antonius Bunjamin OSC sudah tiba di Ruteng pada Rabu (18/3/2020). [Abd/dbs]

Check Also

Dalam Sehari, Hampir 1.500 Orang di AS Tewas Karena Virus Corona

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor terburuk sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 ...