Sunday , December 15 2019
Home / Headline / Sebab-Sebab Kemuliaan Manusia Ada Pada Al-Qur’an

Sebab-Sebab Kemuliaan Manusia Ada Pada Al-Qur’an

(Mata-Media.Com) – Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

لَقَدْ أَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ أَفَلا تَعْقِلُونَ (١٠)

Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab (Al-Qur’an) yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya?”. (QS. Al-Anbiya’ 21 : 10)

Para pembaca situs online Mata-Media.Com yang dirahmati Allah semuanya, manusia untuk menjadi lebih mulia, khususnya bagi umat Islam hendaknya perlu berubah dan perubahan. Baik dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk maupun meningkatkan tradisi-tradisi yang dianggap kebaikan pribadi. Tapi darimana kita bisa mendapatkan semangat perubahan itu? Dan apa yang bisa lakukan saat ini?

Kebingungan atas pertanyaan ini kemudian yang menghentikan langkah kita untuk berubah. Lalu akhirnya tahun-tahun pun berlalu, dan kita pun masih seperti yang dulu. Tidak ada peningkatan kebaikan sama sekali.

Beragam nasehat kita dengarkan dan banyak pula buku motivasi yang kita baca. Tapi kta lupa, bahwa didekat kita ada sebuah buku perubahan terdahsyat sepanjang sejarah umat manusia, yaitu Al-Qur’an. Inilah sebuah buku yang ajaib dan menakjubkan dan telah terbukti mengubah perjalanan hidup Bilal bin Abi Rabah, Khalid bin Walid, Umar bin Khaththab, Amr bin Ash, Qais bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu ajma’in, dan ribuan manusia lainnya, hingga menyulap mereka dalam sekejap menjadi orang-orang yang hebat, dan generasi mereka disebut sebagai generasi terbaik.

Interaksi kita kepada Al-Qur’an selama ini terbatas pada pemikiran bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam, lalu cukup hanya sampai di situ. Maka kita biarkan ia terpajang indah, kita koleksi bermacam-macam mushaf, lalu cukup sampai di situ. Kadang kita tilawah, Alhamdulillah bisa berkali-kali khatam, tapi lagi-lagi kita hanya mencukupkan sampai di situ. Tidak ada tergerak hati kita untuk meraih kemukjizatannya yang abadi; yaitu sebuah jaminan dari Allah, bahwa siapa yang mengamalkannya maka pasti hidupnya baik dan mulia dunia dan akhirat.

Padahal Allah telah berfirman, “Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab (Al-Qur’an) yang didalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya?”. (QS. Al-Anbiya’ 21 : 10)

Tapi, saya harus mulai darimana? Apa yang harus saya tadabburi? Bagian mana yang bisa saya amalkan? Al-Qur’an itu berbahasa Arab, sementara saya tidak paham bahasa Arab sama sekali? Saya baca terjemahannya, tapi masih tetap belum bisa menangkap ayat mana yang bisa saya jadikan pedoman?

Sahabat-sahabatku para pembaca situs online Mata-Media.Com yang dirahmati Allah semuanya …

Apa yang engkau rasakan, saya pun merasakan seperti itu. Maka baiklah, mari kita bersama melihat petunjuk-petunjuk Al-Qur’an itu, dalam ungkapan-ungkapan kalimatnya yang singkat namun sangat menggugah, menginspirasi, dan pasti akan membawa kita menjadi lebih baik kalau mau kita amalkan.

Mari kita luangkan waktu sejenak untuk memikirkan dan menghayati beberapa instruksi dari kita suci ini, dan berharap semoga hari-hari kita menjadi lebih baik. Ada baiknya bila ungkapan-ungkapan singkat ini kita hafal, sehingga menjadikan kita ingat selalu tentang instruksi yang mulia ini.

Untuk itu, hendaknya kita mentadabburi beberapa ayat pilihan yang aplikatif lalu kita amalkan dan semoga menjadi pintu bagi kita semua untuk meraih kebaikan-kebaikan selanjutnya. Sungguh kita tidak akan puas untuk mendapatkan kebaikan sampai akhirnya kita benar-benar meraih surga Allah Ta’ala. [Oleh: Ustadz Umar Faruq Lc, Penulis Buku Bertema Menghafal Al-Qur’an]

Check Also

UNESCO Akui Kurma Sebagai Warisan Budaya Dunia Arab

MADINAH (Mata-Media.Net) – Pengetahuan, tradisi dan praktik yang berkaitan dengan kurma telah dimasukkan ke dalam daftar Warisan ...