Friday , April 10 2020
Home / Headline / Doa Berlindung dari Penyakit Mengerikan & Berbahaya

Doa Berlindung dari Penyakit Mengerikan & Berbahaya

(Mata-Media.Net) – Baru-baru ini, virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov) telah menjadi wabah penyakit berbahaya yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat, baik orang Kafir, Musyrik dan kaum Muslimin secara global pada bulan Januari 2020. Berbagai upaya untuk mencegah penularan virus corona yang pertama kali muncul pada bulan Desember 2019 lalu ini juga telah dilakukan oleh masyarakat maupun negara. Mulai dari memakai masker, menjaga tubuh tetap bersih, hingga mengurangi kegiatan di luar ruangan.

Bagi umat Islam, upaya pencegahan agar terhindar dari wabah penyakit seperti virus corona ini selain dengan ikhtiar (usaha) seperti diatas juga dapat dilakukan dengan memanjatkan doa. Terdapat beberapa doa yang bisa diucapkan agar terhindar dari penyakit. Salah satunya adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَسَيِّئِ الأَسْقَامِ مِثْلَ

“Yaa Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit belang, gila dan kusta, serta penyakit lain yang mengerikan”. (HR. Abu Daud dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu)

Para pembaca situs online Mata-Media.Net (MMC) yang dirahmati Allah, sakit merupakan sunnatullah karena semua manusia pernah merasakannya, termasuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun, Rasulullah punya cara sendiri untuk menghindari segala macam penyakit berbahaya.

Selain menjalankan pola hidup sehat, Rasulullah juga mengajarkan doa-doa untuk beberapa penyakit tertentu. Meskipun setiap penyakit ada obatnya, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk senantiasa berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah Ta’ala.

Sebagaimana sabda beliau dalam hadits yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Ahma, “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa”.

Dalam hadits lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jiga bersabda, “Tidak ada yang mampu mengubah takdir kecuali doa”.

Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah Ta’ala dan ikhlas serta bersabar dalam menerima takdir-Nya jika memang terkena suatu penyakit. Sebab bisa jadi, hal itu adalah cara Allah untuk mengurangi dan membersihkan dosa-dosa kita, tentunya dengan catatan jika kita bisa sabar dengan penyakit yang ada pada diri kita. Wallahu a’lam.. [Abdurrahman/dbs]

Check Also

Update Corona di Indonesia 10 April: 306 Orang Meninggal & 3.512 Positif

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Jumlah korban orang yang positif virus corona atau Covid-19 maupun yang meninggal setelah terinfeksi ...