Monday , February 24 2020
Home / Ragam / Akhir Zaman / Salah Satu Tanda Kiamat; Salju Penuhi Jazirah Arab

Salah Satu Tanda Kiamat; Salju Penuhi Jazirah Arab

Oleh: Abdullah

(Mata-Media.Net) – Dalam sebuah hadits dari Hudzaifah bin Asid radhiyallahu ‘anhu dengan lafazh lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ السَّاعَةَ لاَ تَكُوْنُ حَتَّـى تَكُوْنَ عَشْـرُ آيَاتٍ: خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ بِجَزِيْرَةِ الْعَرَبِ، وَالدُّخَانُ، وَالدَّجَّالُ، وَدَابَّةُ اْلأَرْضِ، وَيَأْجُوْجُ وَمَأْجُوْجُ، وَطُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قُعْرَةِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ.

“Sesungguhnya Kiamat tidak akan terjadi hingga ada sepuluh (10) tanda (yang sebelumnya terjadi terlebih dahulu): khasf (penenggelaman bumi) di timur, khasf di barat, khasf di Jazirah Arab, keluarnya asap, Dajjal, binatang (melata yang keluar dari) bumi, Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, dan api yang keluar dari jurang ‘Adn (Yaman) yang menggiring manusia”. Dalam riwayat lain,

وَالْعَاشِرَةُ: نُزُوْلُ عِيْسَى بْنِ مَرْيَمَ

“Dan yang kesepuluh: turunnya ‘Isa bin Maryam”. (Shahih Muslim XVIII/28-29, Syarh Imam An-Nawawi)

Para pembaca setia situs online Mata-Media.Net (MMC) yang dirahmati Allah semuanya, tanda kiamat itu ada dua (2), yakni tanda kiamat kubro (besar) dan tanda kiamat sughro (kecil). Dan hadits diatas merupakan 10 tanda kiamat besar yang akan pasti terjadi.

Akan tetapi sebelum 10 tanda kiamat besar itu terjadi, maka terlebih dulu akan ada tanda-tanda kiamat kecil yang terjadi terlebih dahulu. Secara umum, tanda kiamat kecil rentang waktunya lebih panjang, ada yang sudah terjadi dan ada yang belum terjadi, dan ada yang kejadiannya itu berulang.

Ada yang sudah terjadi dan terus selalu ada, ada pula yang belum terjadi hingga sekarang, dan nanti pasti terjadi seperti yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satunya adalah turunnya salju di Jazirah Arab. Ada pemandangan aneh dan tak biasa di Tabuk, Arab Saudi. Kota yang dekat dengan perbatasan Yordania-Arab Saudi ini biasanya kering kerontang. Namun, kini tengah diselimuti salju.

Semua lanskap disana menjadi serba putih. Seperti diberitakan ABC News pada Kamis (16/1/2020) kemarin, daerah Tabuk saat ini menjadi daerah terdingin di Arab Saudi. Suhunya mencapai 4 derajat Celsius.

Turunnya salju di Jazirah Arab inipun menjadi fenomena yang membuat banyak masyarakat dunia dan para netizen bertanya-tanya. Tanah Arab yang memiliki cuaca panas bisa diguyur salju. Turunnya salju bahkan diidentikkan dengan tanda kiamat.

Kenapa? Karena tanda kiamat atau akhir zaman satu diantaranya adalah Tanah Arab yang subur. Turunnya salju mengguyur Tanah Arab yang gersang, sehingga dipenuhi dengan air yang meleleh dan kemudian penuh dengan padang rumput. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُوْدَ جَزِرَةُ الْعَرَبِ مُرُوْجًا وَ أَنْهَارًا

“Kiamat tidak akan terjadi sampai Jazirah Arab kembali penuh dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai”. (HR. Muslim)

Dalam hadits yang lain masih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجاً وَأَنْهَاراً وَحَتَّى يَسِيرَ الرَّاكِبُ بَيْنَ الْعِرَاقِ وَمَكَّةَ لاَ يَخَافُ إِلاَّ ضَلاَلَ الطَّرِيقِ وَحَتَّى يَكْثُرَ الْهَرْجُ

“Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Iraq dan Makkah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan”. (HR. Ahmad 8833 dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)

Selain turunya salju di Jazirah Arab, tanda kiamat kecil lainnya adalah :

1. Diutusnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan wafatnya beliau
2. Adanya orang-orang yang mengaku sebagai nabi, tapi ternyata palsu
3. Penaklukan Baitul Maqdis
4. Harta melimpah dan banyak orang kaya baru
5. Munculnya berbagai macam fitnah dan aliran sesat, sejak pembunuhan Utsman, peperangan antar-sahabat, adanya Khawarij, Syiah dan berbagai aliran sesat lainnya.

6. Amanah disepelekan dan pengkhianat diberi amanah
7. Ilmu mulai menghilang dan banyak tersebar kebodohan masalah agama
8. Tersebarnya zina, riba, musik, mabuk-mabukan, atau pembunuhan
9. Seringnya terjadi gempa bumi, bencana alam yang menyeluruh, dan semacamnya.

Seorang Muslim harus meyakini apa yang disebutkan dalam hadits tentang tanda kiamat kecil ini pasti terjadi, termasuk soal salju di Tanah Arab. Jazirah arab yang tandus dengan padang pasirnya, akan kembali menjadi padang hijau, yang banyak rerumputan dan sekarang perlahan namun pasti, sabda Nabi terkuak kebenarannya.

Oleh karena itu, seorang Muslim memang tidak akan tahu kapan tanda kiamat besar itu akan terjadi, yang dimulai dengan tanda-tanda kiamat kecil yang sudah ada dan terjadi sekarang ini. Tak perlu juga kita terlalu sibuk untuk mencari tahu dan melupakan hal penting yang harusnya kita lakukan.

Apa itu? Yakni mempersiapkan bekal berupa iman, tauhid dan takwa kita kepada Allah Ta’ala, serta selalu berusaha memperbaiki dan meningkatkannya. Semoga Allah Ta’ala menyelamatkan kita dari dahsyatnya hari kiamat tersebut. [Edt; Abd/dbs]

Check Also

Myanmar Akan Adili Lebih Banyak Tentara yang Terlibat Pembantaian Muslim Rohingya

YANGON (Mata-Media.Net) – Militer Myanmar pada Sabtu (22/2/2020) mengatakan, pihaknya akan menyeret lebih banyak tentara ke pengadilan ...