Monday , October 14 2019
Home / Headline / Kurang Minum Bisa Sebabkan Kram Otak & Konsentrasi Menurun

Kurang Minum Bisa Sebabkan Kram Otak & Konsentrasi Menurun

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Air merupakan dan menjadi unsur penting bagi kehidupan manusia. Kandungan air dalam tubuh manusia adalah 60-70 persen dari berat tubuh. Air sangat penting agar organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Apabila tubuh manusia kekurangan air (dehidrasi), secara otomatis akan mencari jalan mengambil sumber air dari komponen tubuh, antara lain darah. Akibatnya, kadar air dalam darah akan berkurang dan darah menjadi kental. Perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan akan terganggu. Saat melewati otak, perjalanan darah akan terhambat sel-sel otak yang seharusnya menerima asupan makanan dan oksigen.

“Karena otak kita 75 persen air, dehidrasi dapat menyebabkan perubahan emosi, kurang konsentrasi, sakit kepala ringan, dan kelelahan. Kehilangan cairan dan elektrolit juga dapat menyebabkan kram otot yang menghambat kinerja kita. Karena itu, kita perlu mengkonsumsi air yang cukup setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan,” ujar Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam keterangan persnya pada Jumat (4/10/2019).

Tingkat hidrasi masyarakat Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan, di mana 78 persen anak-anak, 79 persen remaja, dan 72 persen orang dewasa telah memiliki hidrasi yang cukup. Untuk menjaga momentum positif ini dan memastikan hidrasi terpenuhi secara sehat, masyarakat perlu mengadopsi gaya hidup sehat, sesederhana dengan mulai minum air secara cukup. [AR/dbs]

Check Also

12 Masjid di Jerman Terima Ancaman Bom & Pesan Islamophobia

BERLIN (Mata-Media.Net) – Islamophobia masih juga belum hilang dari Eropa. Sejumlah masjid dan politisi di Jerman ...