Saturday , September 21 2019
Home / Headline / Secara Normal, Berapa Kali Sehari Orang Akan Kentut?

Secara Normal, Berapa Kali Sehari Orang Akan Kentut?

(Mata-Media.Net) – Kentut adalah aktivitas tubuh yang terjadi secara alamiah. Apabila jumlah gas dalam tubuh sudah meningkat, maka tubuh akan meminta Anda mengeluarkan gas tersebut.

Namun, didalam pergaulan sehari-hari terkadang ada saja seorang teman yang punya kebiasaan kentut, dan kadang ada yang kentutnya ‘sampai nge-gas’ bunyinya. Bahkan, bisa dibilang kentutnya tidak bisa dihitung karena terlalu sering alias berkali-kali.

Lalu, berapa kalikah secara normal seorang manusia akan kentut dalam satu hari? Seperti dikutip dari laman Womenshealthmag.com pada Senin (26/8/2019) rata-rata orang memiliki 0,5 hingga 1,5 liter gas yang berada di jalur pencernaan manusia per hari. Hal ini menurut Kyle Staller, M.D., seorang ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Namun, jumlah sebenarnya dari gas kentut yang Anda keluarkan itu bervariasi, dan sulit bagi dokter untuk memberikan angka pastinya. Ada pemikiran umum bahwa pria cenderung lebih banyak kentut daripada wanita, tetapi itu adalah mitos.

“Penelitian belum menunjukkan bahwa produksi gas adalah spesifik gender,” kata Lashner.

Perempuan dan laki-laki sama-sama dapat melakukan kentut hingga 20 kali per hari dan masih dianggap dalam kisaran “normal”, tambah Staller.”Itu cukup umum bagi kita semua,” tambahnya.

Jujur saja, sebagian dari Anda pasti pernah berdebat dengan teman, keluarga atau pacar bahwa kentut yang baru kita dikeluarkan tidaklah bau.

“Tenang saja, suara kentutnya besar jadi tidak akan bau,” kalimat itu yang biasa diucapkan saat tepergok buang angin.

Bahwa bau tidaknya kentut tergantung dari besar atau kecilnya suara yang dihasilkan sudah terlanjur jadi mitos, meski banyak orang yang tak mengetahui kebenarannya.

Itu mengapa kentut dengan suara kecil diidentikan dengan bau yang sangat menyengat. Ibaratnya, meski suaranya kecil, baunya bisa membunuh seekor gajah.

Dikutip dari laman Menshealth.com, para ahli membantah mitos tersebut. Menurut mereka, besar kecil suara kentut tidak menentukan baunya.

Menurut Alex Sherman MD, dari Concorde Gastroenterology di Manhattan, bau kentut seseorang tergantung dari makanan yang dikonsumsi.

Ada makanan yang membuat kentut Anda bau, sangat bau, hingga ekstra bau. Pada dasarnya, kentut berasal dari gas yang ada dari makanan dan minuman. Kemudian, asupan ini menghasil gas di saluran pencernaan.

“Makanan yang mengandung sulfur seperti bawang, telur, daging, dan tentu saja kacang-kacangan adalah penyebab bau menyengat kentut,” ujar David Bridgers MD seorang gastroenterologist dari Gastroenterology Associates of North Mississippi.

“Makanan yang dibuat dengan zat xylitol atau sorbitol (seperti permen tanpa gula, es krim atau kue) juga cenderung menimbulkan masalah,” ucapnya. [AR/dbs]

Check Also

Mantan Presiden Diktator Tunisia Ben Ali Tewas di Saudi

JEDDAH (Mata-Media.Net) – Mantan presiden Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali, pemimpin pertama yang digulingkan oleh ...