Sunday , April 5 2020
Home / Headline / Gimana Cara Membedakan Seseorang Terserang Virus Corona & Flu?

Gimana Cara Membedakan Seseorang Terserang Virus Corona & Flu?

JAKARTA (Mata-Media.Net) – Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang bermula dari kota Wuhan, provinsi Hubei, China pada bulan Desember 2019 terus berlangsung hingga sekarang ini pada akhir bulan Maret 2020 dan menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Sebagai edukasi kepada masyarakat, situs online Mata-Media.Net (MMC) merangkum dari berbagai sumber bahwasanya Covid-19 yang disebabkan virus corona ternyata punya dua (2) gejala utama, yakni demam dan batuk kering. Namun, bagaimana dan seperti apa untuk membedakan seseorang terserang atau terinfeksi virus corona dengan flu biasa? Hal ini penting untuk dipelajari dan diketahui, karena pada saat sekarang ini ada sebagian orang yang bila melihat orang lain bersin atau batuk, langsung dianggap terserang corona. Padahal bisa jadi, ia hanya terserang flu biasa.

Seperti dikutip dari BBC pada Minggu (22/3/2020), gejala pertama Covid-19 adalah demam tinggi di atas 37,8 derajat Celsius. Jika tidak ada termometer infrared, cara mengetahuinya adalah dengan menyentuh punggung dan dada yang akan terasa panas.

Selain itu, gejala utama yang kedua adalah batuk kering terus-menerus yang tanpa diawali penyebab lain seperti tersedak atau karena merokok. Dan gejala utama ketiga adalah sesak nafas atau kesulitan bernafas.

Jika seseorang merasakan 3 gejala tersebut, maka alangkah baiknya segera hubungi dokter atau petugas kesehatan/medis terdekat dan praktikkan karantina mandiri, sambil meningkatkan imunitas diri.

Tapi, jika seseorang mengalami bersin-bersin, pilek dan sakit kepala, atau hanya bersin-bersin saja tanpa diawali dengan demam tinggi dan batuk kering, bisa jadi Anda hanya menderita flu biasa dan kemungkinan besar bukan terinfeksi Covid-19 atau virus corona. [Abd/dbs]

Check Also

Dalam Sehari, Hampir 1.500 Orang di AS Tewas Karena Virus Corona

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor terburuk sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 ...