Tuesday , October 15 2019
Home / Headline / Perlunya Pemanasan Sebelum Olahraga

Perlunya Pemanasan Sebelum Olahraga

(Mata-Media.Com) – Mungkin Anda pernah merasakan persendian yang nyeri, ngilu-ngilu atau menjadi sulit untuk digerakkan setelah berolahraga? Jika ya, mungkin akar masalahnya bukan terletak pada teknik Anda dalam berolahraga, namun hanya karena Anda lupa atau tidak melakukan pemanasan (stretching) yang tepat dan sesuai sebelum berolahraga.

Meski pemanasan tidak akan membakar ratusan kalori atau mempercepat proses pembentukan tubuh yang sehat dan ideal, akan tetapi kebiasaan sederhana yang seringnya dianggap membuang waktu ini memiliki tempat yang sangat penting dalam rutinitas olahraga Anda.

Anda mungkin pernah berpikir, untuk apa melakukan pemanasan sebelum berolahraga, padahal tubuh kita bisa langsung melakukan olahraga. Tapi ternyata, pemanasan sebelum berolahraga sangat penting sekali lho. Tidak peduli seberapa terampilnya kamu berolahraga, namun tubuh kita tetap perlu menyesuaikan diri sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat daripada biasanya.

Pembaca situs online Mata-media.Com (MMC) semuanya, pemanasan penting untuk dilakukan sebelum berolahraga agar tubuh tidak kaget saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Bayangkan otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks, tiba-tiba digunakan untuk berlari kencang dan menggerakkan seluruh tubuh. Ototpun akan kaget dan bisa menyebabkan cedera ringan atau bahkan kram. Otot yang kram akan terasa sakit, tertarik dan terjepit, sehingga membuat kegiatan olahragamu menjadi terhambat.

Untuk itu, disinilah penting dan perlunya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Berikut jenis-jenis pemanasan sebelum olahraga yang bisa Anda lakukan:

  1. Berjalan kaki

Anda bisa melakukan pemanasan minimal jalan kaki beberapa langkah. Hal ini sangat membantu dalam proses persiapan tubuh Anda untuk melakukan gerakan fisik secara intens. Lakukan selama 5-10 menit.

  1. Memutar dan peregangan

Tujuan utama dari gerakan ini adalah untuk melonggarkan dan meregangkan bagian tubuh dengan cara yang lembut. Anda bisa memulai dari kaki ke tangan, atau tangan baru kaki dan juga menggerakkan kepala. Cobalah untuk meregangkan semua bagian tubuh secara perlahan. Putar tangan dan pergelangan tangan, kaki serta kepala secara perlahan. Selain itu, jangan lupa untuk memutar pinggang Anda dengan lembut searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan setiap bagian 3×8 kali.

  1. Jalan cepat di tempat

Jalan cepat atau lari kecil berguna untuk menyerap oksigen dan memfungsikan jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga tubuh Anda akan siap dalam menjalani aktivitas fisik yang berat. Lakukan sekitar 5-10 menit.

  1. Jumping Jack

Lakukan jumping jack akan membantu mempersiapkan tubuh Anda dengan memanaskan sistem yang ada dalam tubuh. Lompatlah tinggi-tinggi dan lakukan dengan penuh semangat sehingga tingkat antusiasme Anda meningkat. Lakukan minimal 25 kali.

  1. Squats tanpa beban

Lakukan squat tanpa beban. Gerakan ini akan menghangatkan kaki Anda dan membuatnya siap untuk latihan. Disamping itu, kaki Anda akan siap untuk menghadapi olahraga intens. Lakukan sebanyak 3×8 kali.

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti mengenai berapa lama pemanasan itu harus dilakukan. Namun, banyak pihak yang merekomendasikan untuk melakukan pemanasan selama 10 hingga 20 menit sebelum Anda berolahraga. Menurut New York Times, pemanasan yang terlalu lama justru malah menimbulkan efek negatif, menimbulkan kelelahan pada otot dan secara keseluruhan performa akan menurun pada saat melakukan olahraga inti nantinya.

Nah, itu tadi beberapa gerakan pemanasan sebelum olahraga agar otot-otot tubuh Anda tidak stres dan tegang. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah olahraga. Karena proses pendinginan akan berguna untuk mempercepat pemulihan sehingga risiko pegal-pegal dan nyeri, serta meminimalkan rasa kelelahan. [Abdurrahman/dbs]

Check Also

Pejuang IS Serang Markas Koalisi Salibis Internasional di Hasakah

HASAKAH (Mata-Media.Net) – Setelah menyerang markas intelijen milisi Komunis PKK, pejuang Islamic State (IS) juga menyerang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *