Sunday , December 8 2019
Home / Headline / Inilah Manfaat Berolahraga Untuk Mental & Fisik Kita

Inilah Manfaat Berolahraga Untuk Mental & Fisik Kita

(Mata-Media.Com) – Pada artikel sebelumnya, redaksi situs online Mata-Media.Com (MMC) telah menyajikan artikel tentang pentingnya untuk menjaga kebugaran tubuh. (Baac: Pentingnya Olahraga Untuk Kebugaran & Kesehatan Tubuh Kita)

Lalu setelah membaca artikel tersebt, masih adakah pembaca situs online MMC yang jarang berolahraga? Pasti rugi jika Anda tidak menyempatkan waktu untuk berolahraga. Sebab, setiap rutinitas pekerjaan pasti dapat menimbulkan stres dan keluhan lainnya. Sebetulnya banyak cara yang dilakukan agar kita bisa terhindar dari stres, salah satunya adalah dengan olahraga. Dengan berolahraga, maka dapat meningkatkan kesehatan fisik dan menambah mood sehingga jauh dari stres.

Olahraga sebetulnya memang menjadi kebutuhan bagi setiap individu. Walaupun telah disadari, nyatanya masih banyak masyarakat yang mengabaikan olahraga karena alasan kurangnya waktu untuk melakukannya. Padahal, masih banyak manfaat yang dari olahraga yang belum diketahui masyarakat.

Manfaat olahraga bagi kesehatan memang sangat banyak sekali. Bahkan bila dilihat dari tujuannya saja, orang-orang berolahraga karena ingin sehat dan bugar. Selain itu, tujuan lain dari berolahraga adalah untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke tubuh kita. Berikut ini sejumlah manfaat berolahraga untuk mental dan fisik kita yang jarang diketahui oleh masyarakat:

  1. Tubuh Lebih Segar Bila Berolahraga Rutin

Bila Anda berolahraga secara rutin terutama ketika pagi hari, maka badan Anda akan terasa lebih segar. Mengapa di pagi hari? Tentu saja karena di pagi hari jumlah polusi udara masih sangat minim.

Namun, meski kebanyakan orang sudah mengetahui manfaat dari olahraga, mereka tetap tidak berolahraga secara rutin.

Hal ini memang sangat disayangkan. Berolahraga secara rutin di zaman sekarang ini memang sedikit lebih sulit karena banyak sekali gangguan. Terutama setelah gadget mulai mewabah di masyarakat. Olahraga secara rutin semakin ditinggalkan.

  1. Mencegah Berbagai Penyakit

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa orang yang suka berolahraga secara rutin memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit kronis semacam penyakit jantung, kanker, atau diabetes. Ini tentu saja adalah hubungan olahraga dengan kesehatan kita. Selain itu, dengan berolahraga rutin, kita juga dapat terhindar dari penyakit-penyakit biasa seperti flu dan lainnya.

Meski bisa dibilang penyakit kecil, tapi penyakit seperti flu ini tentu akan mengganggu hari-hari Anda bukan?

Fakta yang mengerikan adalah kedatangan tiga (3) penyakit pembunuh, yakni penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Berolahraga secara rutin juga dapat membantu Anda menurunkan resiko terkena penyakit tersebut. Selain 3 penyakit mematikan itu, berolahraga secara rutin juga dapat mencegah Anda dari penyakit osteoporosis. Penyakit ini memang tidak mematikan namun sangat mengganggu. Anda akan kehilangan banyak kebebasan bila terkena penyakit ini. Masa tua tanpa penyakit ini tentu adalah keinginan semua orang.

  1. Meningkatkan Kemampuan Fisik dan Stamina

Dengan kemampuan fisik yang bagus lalu dengan stamina yang prima, tentu tubuh akan lebih sulit terserang penyakit. Penyakit hanya akan masuk bila kita kelelahan, namun dengan stamina yang baik, tentu kita tidak akan mudah lelah. Hari-hari Anda juga akan terasa lebih mudah juga bila memiliki kemampuan fisik yang baik dan stamina prima.

Dengan kemampuan fisik yang baik dan stamina prima, otomatis Anda akan jauh dari sifat malas-malasan yang sangat menguntungkan Anda.

Itulah tadi manfaat olahraga bagi kesehatan. Olahraga merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin bila ingin menjaga kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa oalhraga yang baik  itu dilakukan minimal sepekan sekali, jika mengambil porsi latihan olahraga yang cukup berat seperti bulutangkis, sepakbola, berkuda, berenang dan yang semisalnya.

  1. Membuat Suasana Hati Menjadi Senang

Salah satu manfaat olahraga yang jarang disadari masyarakat yaitu fakta bahwa hal ini dapat membuat suasana hati menjadi senang. Alasannya, olahraga dapat membuang segala beban pikiran yang membebani Anda.

Dengan berolahraga secaara rutin, maka Anda akan lebih disibukkan dengan kegiatan olahraga itu sendiri, sehingga segala pikiran yang membebani Anda dalam aktivitas rutin sehari-hari akan hilang.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat ini mungkin lebih bermanfaat bagi anak Anda. Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, berbagai jenis olahraga ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi, terlebih bila ditunjang dengan asupan gizi yang berkalsium tinggi.

Bagi yang jarang berolahraga, pertumbuhan tulang tidak akan berkembang cepat. Maka, hal seperti obesitas sering terjadi pada anak kecil karena asupan gizi tetap diberikan, namun jarang melakukan berolahraga.

  1. Mencegah Resiko Terkena Kanker Usus Besar

Olahraga ternyata mampu untuk mencegah kanker usus besar. Bukan menghilangkan kemungkinan terkena penyakit ini, namun memperkecil resiko terkenanya.

Kanker usus besar memang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya seperti riwayat kesehatan keluarga atau genetik. Namun bukan tidak mungkin dengan menjalani hidup sehat, seperti rajin berolahraga misalnya, resiko terkena penyakit ini akan berkurang. Olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda, merupakan pilihan tepat untuk membantu mengurangi resiko terkena penyakit ini.

  1. Meringankan Gejala Mual Bagi Ibu Hamil

Dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan- jalan di pagi atau sore hari, seorang perempuan hamil dapat mengurangi rasa mual yang mungkin muncul. Karena, aktivitas ringan yang Anda lakukan itu secara alami ampuh untuk mengurasi rasa mual di masa awal kehamilan.

Selain itu, melakukan olahraga ringan juga memiliki dampak positif bagi Anda dan janin dalam kandungan.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Salah satu penyebab kanker payudara yakni adanya gangguan hormon yang tidak segera diobati. Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh. Karena, apabila hormon seimbang maka resiko terkena kanker payudara pun dapat dikurangi.

  1. Meningkatkan Kapasitas Otak Anda

“Berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, begitu kata David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat (AS). Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan.

Jadi, orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitas mereka meningkat. Produktivitas seseorang tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik, namun ia juga dapat memberikan kontribusi untuk suasana kerja yang bahagia di tempat kerja.

  1. Menggerakkan Tubuh & Membantu Mencairkan Stres Anda

Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang. Itu sebabnya ketika seseorang mulai berlatih, dia akan segera mengetahui bahwa hal itu akan mengurangi stres dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih bahagia. Atkinson mengatakan bahwa ketika seseorang bahagia, efeknya tidak hanya menguntungkan orang itu sendiri. Kondisi ini menyebabkan orang tersebut menjadi tidak mudah marah, yang dengan itu, bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan rekan-rekan kerjanya, keluarga dan orang lain.

11. Memberikan Energi Lebih

Berolahraga, meskipun hanya 20 – 30 menit sehari, atau sepekan sekali dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin adalah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.

Demikianlah sedikit manfaat dalam berolahraga. Ingat, jangan tunggu penyakit menghinggapi Anda, tapi cobalah untuk mencegahnya sebisa mungkin. Olahraga secara rutin adalah cara yang bagus untuk mencegahnya, sebagaimana telah dijelaskan dalam ulasan manfaat olahraga bagi kesehatan ini. Semoga bermanfaat dan happy nice day. [Abdurrahman/dbs]

Check Also

Tentara Saudi Tembaki Pangkalan Militer AS di Florida, Tewaskan & Lukai 11 Tentara

FLORIDA (Mata-Media.Net) – Sebanyak 11 tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan terluka ketika seorang tentara ...