Sunday , December 15 2019
Home / Headline / Minum Jahe Hangat adalah Tips Mengatasi Mual & Pusing Saat Mudik

Minum Jahe Hangat adalah Tips Mengatasi Mual & Pusing Saat Mudik

JAKARTA (Mata-Media.Com) – Biasanya pada saat seseorang mudik berjam-jam, yang tidak tertahankan adalah rasa pusing dan mual. Beberapa orang biasanya mengatasinya dengan obat anti mabuk, dan ada pula beberapa orang yang berbekal sebotol minyak angin.

Akan tetapi, dr Aldrin Nelwan Pancaputra SpAk, MKes, MBiomed, MARS, SH dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebutkan bahwa minum jahe hangat lebih efektif daripada minyak angin ataupun obat anti mabuk.

“Jadi kalau minyak kayu putih itu memang untuk menimbulkan rasa hangat. Lebih baiknya lagi kalau kita kasih dia minuman jahe. Karena jahe itu sangat baik untuk saluran cerna tadi ya. Apalagi untuk orang yang sering merasa timbul rasa mual atau muntah,” tuturnya di kantor Kemenkes, daerah Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat (8/6/2018)

dr Aldrin menyarankan para pemudik untuk meminum jahe hangat sebelum berangkat perjalanan dan jangan menunggu mual. Karena, ia menegaskan, sejatinya tradisional bukan bersifat sebagai obat, namun sebagai healing process untuk membuat tubuh lebih sehat.

Jadi, mengkomsumsi atau meminum jahe hangat juga baik dilakukan oleh seseorang pada hari-hari biasanya diluar aktivitas mudik untuk menjaga kesehatan.

“Alangkah baiknya dijadikan suatu kebiasaan. Healing process kan di mana membuat sistem tubuh menjadi lebih baik,” pungkasnya. [Abd/dtk]

Check Also

UNESCO Akui Kurma Sebagai Warisan Budaya Dunia Arab

MADINAH (Mata-Media.Net) – Pengetahuan, tradisi dan praktik yang berkaitan dengan kurma telah dimasukkan ke dalam daftar Warisan ...