Tuesday , October 15 2019
Home / Sehat / Inilah 7 Khasiat Mandi Fajar & Subuh

Inilah 7 Khasiat Mandi Fajar & Subuh

(Mata-Media.Com) – Para Nabi dan Rasul adalah manusia mulia yang senantiasa menghidupkan waktu sepertiga malam mereka sampai fajar untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Untuk itu, mereka adalah manusia yang paling sehat dibandingkan dengan umatnya.

Para pembaca situs online Mata-Media.Com (MMC) yang dirahmati Allah semuanya, keteladanan ini juga di ikuti para tabiin, tabiut tabiin dan shalafush-shalih. Mereka meraih kesehatan dengan banyak  mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, dan insya Allah termasuk kebiasaan mandi di kala fajar dan waktu subuh.

Dr. Abdul Hamid Dayyat dan Universitas Kairo, Mesir menjelaskan khasiat dan manfaat kesehatan yang diperoleh orang dengan bangun pagi yang ternyata banyak sekali. Diantaranya, gas (ozon) di udara sangat melimpah saat fajar, kemudian berkurang sedikit demi sedikit,hingga habis ketika matahari terbenam.

Gas tersebut juga mempunyai pengaruh yang positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, maka dia akan merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya di waktu manapun, baik siang ataupun malam.

Fajar adalah periode waktu yang mendahului matahari terbit. Indikasinya yaitu adanya cahaya matahari yang lemah, sementara matahari sendiri masih berada di bawah horizon. Beberapa definisi teknis dari fajar antara lain:

A. “Fajar Astronomi” adalah periode waktu di mana langit tidak gelap total, secara format didefisinikan sebagai waktu di mana matahari berada 18 derajat di bawah horizon di waktu pagi.

B. “Fajar Nautikal” adalah waktu di mana terdapat cukup cahaya matahari untuk membedakan antara horizon dan objek-objek yang berada di horizon, dan secara formal didefisinikan sebagai waktu di mana matahari berada pada 12 derajat di bawah  horizon di pagi hari.

C. “Fajar Sipil” adalah waktu di mana terdapat cukup cahaya matahari untuk membedakan objek-objek dan cukup cahaya matahari agar manusia dapat melakukan aktivitas luar rumah, dan secara formal didefisinikan sebagai waktu di mana matahari berada pada 6 derajat di bawah horizon di pagi hari. Fajar berbeda dengan matahari terbit, yaitu di mana sisi matahari mulai terlihat di atas horizon.

Sementara itu dari beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin. Berikut ini sedikitnya 7 khasiat dan manfaat mandi di waktu fajar dan subuh dengan air dingin:

1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari hari.

2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih

Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya bagi tubuh adalah tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi

Mandi air dingin juga menurunkan resiko darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

5. Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal.

Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya, bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat

Apa sih yang terjadi pada rambut bila di bilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontakan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi

Mandi pagi dengan air dingin juga menjadikan jiwa dan pikiran menjadi lebih tenang dan memberikan semangat menjalani aktifitas sehari-hari.

Demikian sedikit penjelasan tentang khasiat dan manfaat mandi di waktu fajar dan subuh. Semoga bermanfaat dan bisa kita coba. [Edt; Abd/tabloid bekam]

Check Also

Sejumlah Manfaat Makan Daging Kambing Bagi Kesehatan

(Mata-Media.Net) – Salah satu daging hewan ternak yang disukai oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ...