Tuesday , October 15 2019
Home / Headline / Tips & Cara Makan Kurma

Tips & Cara Makan Kurma

(Mata-Media.Com) – Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ ﴿١١﴾

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (QS. An-Nahl 16 : 11)

فَأَجَآءَهَا ٱلْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ قَالَتْ يَٰلَيْتَنِى مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنتُ نَسْيًا مَّنسِيًّا ﴿٢٣﴾

“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”. (QS. Maryam 19 : 23)

Para pembaca situs online Mata-Media.Com (MMC) yang dirahmati Allah, buah kurma merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi manusia. Bahkan dalam Al-Qur’an dan hdits Nabi, sudah tak terhitung lagi bagaimana nama buah yang sangat nikmat dan bermanfaat ini disebutkan.

Buah kurma bisa dimakan tatkala sehat maupun sedang sakit. Misalnya sepanjang kehamilan, persalinan dan menyusui ataupun sakit, tentunya rutinitas memakan kurma bisa menimbulkan kebosanan. Oleh karena itu dibutuhkan variasi dalam mengolah buah kurma menjadi makanan atau minuman untuk menghindari hal tersebut. Cobalah beberapa tips memakan buah kurma seperti berikut ini :

1. Dimakan Langsung

Dalam sebuah hadits, memakan tujuh (7) butir buah kurma secara langsung lebih baik karena kandungan nutrisinya akan lebih terjaga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh (7) butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”. (HR. Bukhari & Muslim)

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah atau kurma Nabi, “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri”. (Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani, X/239)

2. Nabeez

Caranya adalah dengan direndam dengan air. Rendam 7 butir buah kurma dalam wadah tertutup atau gelas berisi air yang tertutup selama 8-10 jam kemudian minumlah. Bisa juga direndam sejak pagi hari dan diminum di sore hari dan sebaliknya.

Nabeez adalah minuman kesukaan Rasulullah. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa, beliaupun menuangnya”. (HR. Muslim)

3. Jus dan Smoothie Kurma

Kurma bisa di jus tanpa gula. Namun kekurangan kurma yang di jus adalah bisa merusak kandungan serat pada kurma, padahal serat dibutuhkan untuk mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil. Maka jika memilih cara ini, sebaiknya tidak lupa memakan sayur dan buah yang tinggi seratnya.

Demikian sedikit tips dan cara mengkomsumsi buah kurma agar lebih bervariasi dan menghindari kejenuhan ketika memakan buah yang satu ini. [Abd/dbs]

Check Also

Pejuang IS Serang Markas Koalisi Salibis Internasional di Hasakah

HASAKAH (Mata-Media.Net) – Setelah menyerang markas intelijen milisi Komunis PKK, pejuang Islamic State (IS) juga menyerang ...