Sunday , April 5 2020
Home / Headline / Sejumlah Khasiat Minum Madu, Tingkatkan Imunitas & Atasi Sakit Tenggorokan

Sejumlah Khasiat Minum Madu, Tingkatkan Imunitas & Atasi Sakit Tenggorokan

(Mata-Media.Net) – Menurut medis, minum air hangat di pagi hari adalah kebiasaan yang bagus bagi kesehatan. Apalagi jika secangkir air hangat tersebut dicampur dengan madu, yang didalam Islam dijelaskan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh manusia. Keutamaan dan khasiat madu ini pun sampai dijelaskan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah berfirman,

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ’buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia’. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan”. (QS. An-Nahl 16 : 68-69)

Dalam hadits, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عليكم بالشفاءين: العسل والقرآن

“Gunakanlah dua (2) jenis penyembuh (obat untuk penyakit hati dan badan), yaitu madu dan Al-Qur’an”. (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

Rasulullah juga bersabda, “Kesembuhan itu ada pada tiga (3) hal, yaitu : Dalam pisau pembekam, meminum madu, atau pengobatan dengan besi panas (kay). Dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas (kay)”. (HR. Bukhari no. 5681)

Nah, di tengah-tengah penyebaran virus corona (Covid-19) yang mengharuskan kondisi tubuh tetap fit dan prima, sehingga tak mudah terinfeksi virus, maka sudah barang tentu mengkonsumsi madu menjadi hal yang prioritas dilakukan dan juga tidak boleh dianggap sepele. Sebagai uswah hasanah, Rasulullah juga rutin minum madu yang dicampur air hangat setiap pagi ketika perutnya masih kosong.

Oleh karena itu, hal ini menjadi awal yang bagus untuk memulai kebiasaan tersebut dan mungkin, mengganti minuman kopi atau teh Anda. Berikut ini deretan manfaat minum air madu secara rutin, seperti dirangkum oleh Life Hacks pada Kamis (19/3/2020).

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang paling menyenangkan dari minum air dan madu adalah ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Walaupun madu rasanya sangat manis, jangan khawatir. Sebab, madu mengandung gula alami yang bagus untuk Anda, sehingga menyediakan sumber kalori yang sehat. Tidak hanya itu, air dan madu juga dapat membantu untuk mencegah keinginan minuman manis seperti es kopi susu atau boba.

2. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Madu memiliki khasiat membunuh bakteri yang luar biasa. Jika Anda menggunakan madu mentah dan organik, itu penuh dengan enzim, vitamin dan mineral untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri. Madu juga merupakan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dan bagus untuk tubuh serta kulit Anda.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Berdasarkan Mayo Clinic, air hangat dan madu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi pada sakit tenggorokan. Madu membantu melapisi tenggorokan sementara air hangat dapat menenangkan itu. Tindakan menenangkan dan melapisi ini juga membantu mengurangi batuk Anda, karena batuk kadang-kadang disebabkan oleh iritasi dari sakit tenggorokan.

4. Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Madu dan air hangat juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Proses membersihkan racun tubuh secara teratur ini penting karena ini dapat sekaligus mencegah penyakit datang ke tubuh Anda.

5. Madu Untuk Membunuh Kuman

Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. [Abd/dbs]

Check Also

Dalam Sehari, Hampir 1.500 Orang di AS Tewas Karena Virus Corona

WASHINGTON (Mata-Media.Net) – Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor terburuk sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 ...